Rabu, 09 Juni 2010

MEMPERKENALKAN KEEFEKTIFAN VIDEO-BERDASARKAN STRATEGI PEMBELAJARAN

Berikut ini sebenarnya adalah sebuah keefektifan video berdasarkan strategi pembelajaran, yang saya berikan baru-baru ini kepada seorang pembaca blog, Elliot. Dia telah menghubungi saya melaui email untuk membantu dia menjadi pengajar yang lebih baik lagi.

Saya pikir ini akan berguna bagi pembaca blog saya yang lain.


Untuk video-berbasis pembelajaran, saya ingin menyarankan kepada anda untuk mencoba tehnik yang diadaptasi dari K-W-L pemahaman strategi membaca. K-W-L berasal dari Amerika dan dikembangkan untuk membantu para siswa mengarahkan perjalanan membaca mereka.

Mari kita sebut hal ini : K-W-L-H-W

Ambil selembar kertas kosong. Posisikan kertas secara horizontal. Gambarkan 5 kolom vertical seperti berikut :
Dari kiri, kolom 1, tulis: Apa yang saya KETAHUI (KNOW) tentang topik ini?
kolom 2: Apa yang saya INGIN PELAJARI (WANT TO LEARN)/ketahui dari topik ini?
kolom 3: Apa yang telah saya PELAJARI (LEARNED) sejauh ini?
kolom 4: BAGAIMANA (HOW) saya bisa menerapkannya?
kolom 5: APA LAGI (WHAT ELSE) yang perlu saya pelajari/ketahui?

Komentar saya :
Kolom 1 adalah untuk mengaktifkan pengetahuan dasar anda; pembelajaran terjadi apabila anda mampu menghubungkan sesuatu yang baru dengan sesuatu yang sudah anda ketahui;

Kolom 2 adalah untuk menyusun pencapaian pembelajaran anda, dimana anda dapat memperoleh ide dari sinopsis singkat yang ditambahkan ke video;

Kolom 3 adalah untuk anda menangkap dan mengulang apa yang telah dipelajari;

Kolom 4 adalah untuk anda memanfaatkan informasi yang telah dipelajari dan memikirkan kemungkinan penerapannya;

Kolom 5 adalah untuk anda mengidentifikasi apalagi yang diperlukan, mungkin dalam penelitian lebih lanjut, untuk melengkapi pencapaian pembelajaran anda; juga untuk menjawab pertanyaan atau pemikiran baru yang mungkin ada di pikiran anda;

Dengan menempatkan metodologi yang sebelumnya untuk bekerja secara konsisten, anda telah mengambil pendekatan proaktif maupun aktif dalam pencapaian pembelajaran anda. Anda sebenarnya juga sangat tertarik dalam pencapaian pembelajaran anda.

Tertarik untuk menyerap semua pelajaran!


By Lee Say Keng, KNOWLEDGE ADVENTURER & TECHNOLOGY EXPLORER
Optimum Performance Technologies
Translated by SUPER BRAIN INDONESIA