Rabu, 09 Juni 2010

TES PEMAHAMAN BACAAN

Sekarang saya akan membicarakan tentang tes pemahaman bacaan.

Dengan kata lain, bagaimana anda tahu apakah anda memahami konsep dari buku yang ada sudah baca?

Bagi saya, anda sudah memahami konsep bacaan apabila anda mampu melakukan hal berikut :
- menjelaskan atau mengucapkan konsep dengan kata-kata anda sendiri, bukan kata-kata yang langsung dari buku, baik terhadap diri sendiri ataupun orang lain.
- Menghubungkan konsep baru dengan pengalaman pribadi anda.
- Menghubungkan konsep baru dengan konsep lain yang telah anda pelajari sebelumnya.
- Memberikan contoh atau ilustrasi sendiri.

Saya sering mengatakan cara ini kepada siswa-siswa saya : jika anda dapat menjelaskan Hukum Newton Ketiga kepada nenek anda sedemikian rupa dan dia mengerti penjelasan anda, maka sejak itu anda telah memahaminya dengan sangat baik.

Saya percaya anda mendapatkan gambarannya.


By Lee Say Keng, KNOWLEDGE ADVENTURER & TECHNOLOGY EXPLORER
Optimum Performance Technologies
Translated by SUPER BRAIN INDONESIA