Rabu, 31 Maret 2010

CARA DAN TEHNIK UNTUK MENGOPTIMALKAN KEKUATAN OTAK ANDA AGAR CEPAT MENGUASAI PELAJARAN DAN INFORMASI (Part II)

[Lanjutan dari Part I]
5. Memahami Model-Model Otak & Bagaimana Menggunakannya untuk Membuat Otak Anda Bekerja Lebih Baik
Dalam tiga decade terakhir ini, penelitian mengenai otak – neuroscience - telah menemukan sedikitnya lima model baru mengenai otak – ini merupakan salah satu jalan untuk mengetahui bagaimana cara kerja otak.

Masing-masing model akan memberikan pengetahuan yang luar biasa tentang bagaimana proses belajar anda terorganisir.

Dan anda dapat menggunakan pengetahuan ini untuk mengoptimalkan otak anda supaya memudahkan anda untuk menguasai pelajaran dan informasi.

Split Brain Model
Pada tahun 1960-an, Dr Roger Sperry dari Californua Institute of Technology menemukan bahwa kedua bagian otak kita memiliki cara yang berbeda dalam berpikir, belajar, bekerja dan seterusnya. Penemuan ini membuatnya memenangkan hadiah Nobel pada tahun 1981

Otak kanan adalah yang nonverbal, berimajinasi, dan holistic – maka, menanggapi pola dan struktur secara menyeluruh daripada secara bagian perbagian. Otak kanan memiliki indra yang baik pada jarak/ruang.

Otak kanan yang membuat kita merasakan pengalaman yang nyata dan sangat emosional, dan sering membuat keputusan berdasarkan firasat dan perasaan daripada logika. Sangat visual dan menghargai musik dan irama

Otak kiri adalah yang menganalisi, rasional dan metodis – maka, cenderung untuk berpikir secara berurutan, memproses langkah demi langkah daripada menggunakan firasat dan perasaan.

Otak kiri berkaitan dengan berbicara lisan dan menulis bahasa. Otak kiri juga sangat bagus di matematika dan mencatat waktu.

Kedua bagian otak ini berkomunikasi lewat corpus callosum, dimana corpus callosum berfungsi sebagai jembatan informasi di otak.

Namun penelitian Dr Sperry mengindikasikan bahwa otak kanan jelas lebih unggul dari pada otak kiri dalam banyak hal, pada umumnya orang yang menggunakan kedua otaknya dengan baik memiliki keuntungan lebih dibanding orang yang hanya menggunakan otak kanan atau otak kiri saja.

Jika anda ingin menjadi orang yang menggunakan kedua otaknya dengan baik, ada beberapa cara yang dapat anda coba.

Salah satunya disebut cross crawl.

Karena otak kiri mengontrol bagian kanan dari tubuh dan otak kanan mengontrol bagian kiri dari tubuh, anda dapat membuat seluruh otak anda bekerja sama kapanpun anda membuat kedua sisi tubuh anda bekerja sama pada saat yang sama.

Jadi berdirilah dan angkat lutut anda sebelah kiri, dan turunkan tangan kanan anda kebawah untuk menyentuh lutut anda. Kemudian sentuh lutut kanan anda dengan tangan kiri anda, dan begitu seterusnya selama beberapa saat. Jika anda terus melakukan hal tersebut, anda akan mendapatkan kedua bagian otak anda bekerja bersamaan.

Triune Brain Model
Untuk model yang kedua, dikembangkan oleh Dr Paul Maclean, Kepala laboratorium yang mempelajari evolusi dan perilaku otak di The National Institute of Mental Health di Washington, D.C., pada model otak berikut ini Dr MacLean menjelaskan mengenai postulat vertical, tiga titik perbedaan di area otak, atau otak “3in1”.

Hal ini didasari dari penelitian Dr MacLean mengenai perkembangan evolusi dari otak berbagai macam spesies mulai dari dinosaurus sampai manusia.

Otak yang pertama terletak di otak bagian bawah, dekat dengan sum-sum tulang belakang, terdiri dari batang-batang otak dan sistem reticular yang aktif. Biasanya dikenal dengan “otak dinosaurus”.

Sebagai inti dasar dari otak kita saat ini, “otak dinosaurus” berkaitan dengan jarak fisik, dasar bertahan hidup, kepemilikan dan dorongan untuk mempertahankan diri.

Fungsi biologis dan fisik dari tubuh dikoordinasikan dari area ini.

Otak tengah atau otak “mammalian” terdiri dari system limbic. System limbic berhubungan dengan pengolahan emosi.

Rasa kepedulian sosial dan keluarga serta perlindungan, semuanya ada didaerah ini.

Bagian ketiga dari peta-otak Dr MacLean adalah primata dan neo-cortex manusia. Terletak di bagian atas otak kita, dikedua sisi, dikelilingi system limbic. Penelitian telah menunjukan bahwa bagian otak ini adalah tempat sebagian besar aktivitas mental anda terjadi.

Berpikir secara luas dan matematis, bermimpi dan mengingat, dan pengolahan dan penguraian informasi sensorik semua fungsi melalui area ini.

Dr MacLean percaya bahwa ada sebuah “komunitas belajar” didalam tiga bagian otak, dan dengan penggabungan ketiga area ini akan melengkapi dan lebih memuaskan cara belajar.

Ketika anda belajar materi yang sulit yang tidak menarik bagi anda, anda tidak akan membiarkan system limbic dan neo-cortex bekerja sama. Sehingga seringkali sulit untuk mengingat apa yang telah anda pelajari – karena anda tidak memiliki perasaan yang kuat pada materi tersebut.

Jika anda ingin belajar dengan baik, anda harus mencari sesuatu yang membuat anda suka, dan bisa membuat anda senang dan tertarik dengan materi tersebut.

Setiap materi memiliki kemungkinan untuk disukai oleh anda, tetapi jika anda menginginkannya. Anda harus menggunakan imajinasi anda untuk menemukan daya tarik apa saja yang ada dibeberapa materi anda, dan jika anda melakukannya, anda akan menemukan kemudahan dalam belajar.

Anda akan memahami sebuah materi lebih baik lagi jika anda memiliki keterkaitan secara personal dengan materi tersebut. Bagaimana perasaan anda tentang apa yang anda pelajari? Dengan membawa reaksi pribadi anda kedalam pelajaran, anda akan mengingat semuanya dengan mudah.

Manusia secara alami dapat mengingat sesuatu lebih baik ketika mereka memiliki perasaan yang kuat dengannya.

Selain itu, otak diciptakan bahwa kapanpun anda takut, anda akan menyalurkannya ke bagian otak yang dijalankan oleh otak dinosaurus. Ini sering terjadi ketika anda pergi ke ruang ujian.

Jadi, jika anda ingin bagus dalam mempelajari sesuatu, anda harus menghilangkan rasa takut terhadapnya. Jika anda tidak dapat belajar, mungkin saja anda memiliki ketakutan yang tidak dapat anda singkirkan.

Holographic Brain Model

Pada model otak yang ketiga ini, Dr Karl Pribram, seorang neuro-psychologist dari Standford University, atau sering dikenal dengan “peneliti otak Einsten”, menjelaskan bahwa otak bekerja pada prinsip-prinsip matematika yang mirip dengan sebuah hologram. Teori ini menjelaskan bahwa sedikit kesamaan dari ingatan informasi disimpan dalam bagian yang berbeda di otak.

Hologram dan otak memiliki tiga kesamaan utama.

Pertama, penyimpanan daya ingat didistribusikan melalui kedua system tersebut.

Kedua, keduanya memiliki kemampuan penyimpanan daya ingat yang luar biasa.

Dan yang ketiga, keduanya menghasilkan gambar tiga dimensi yang merupakan hasil dari listrik dan reaksi kimia.

Dr Pribram menyebutkan pendistribusian daya ingat di otak sebuah gambaran holologic karena ini tidak harus bergantung dari visualisasi atau grafik, gambaran titik ke titik.

Pada system holologic, sebuah petunjuk dari beberapa kata atau bit melodi akan langsung mengingatkan kembali semua kumpulan tersebut.

Menurut Dr Pribram, gambar visualisasi dan rasa kagum dihasilkan oleh otak holografik secara alami.

Setiap gambar dan kesan terbentuk dari energy electro-magnetic yang terdiri dari zat-zat. Semangat dan indra secara detail meningkatkan energy dan kekuatan dari visualisasi gambar

Pada intinya, apa satu visualisasi yang nyata. Tubuh dan pikiran menafsirkan gambar visualisasi dan rasa kagum sebagai kenyataan dan bereaksi yang sesuai kepada mereka.

Untuk dapat memahami konsep diatas dengan cepat, cobalah latihan sederhana ini:

Tutuplah mata anda secara perlahan-lahan. Bayangkan anda berada didapur rumah anda.

Berjalanlah ke arah kulkas anda, bukalah pintunya dan periksalah laci bagian buah. Ambilah sebuah lemon. Pegang lemon tersebut ditangan anda. Rasakan ukurannya, bentuknya dan beratnya, teksturnya dan ciumlah harum lemon tersebut.

Ambilah pisau buah dalam laci dapur anda. Potonglah lemon tersebut menjadi dua bagian, dan cobalah satu bagian tersebut ke mulut anda.

Apakah anda merasakan banyak air liur dimulut anda?lalu dimana lemon tersebut? Itu semua hanya ada dikepala anda!

Sebuah materi paling baik dipelajari sebagai bagian dari suatu yang besar: sesuatu yang dapat dibuat sebuah cerita. Sama seperti detail-detail yang lebih masuk akal sebagai bagian dari gambaran yang besar. Anda dapat menggunakan informasi tentang otak ini untuk membantu anda dengan membuat cerita-cerita ketika anda ingin mengingat sesuatu.

Visi, tujuan dan arah anda dibayangkan dalam cerita-cerita yang anda tulis dalam pikiran anda dapat membuat dampak yang besar pada prestasi anda.

Regenerative Brain Model

Model yang keempat adalah perkembangan otak sendiri. Ini menunjukan bahwa otak dapat berkembang atau layu tergantung dari jenis rangsangan atau cara berpikir terlibat didalamnya.

Dalam pandangan ini, otak berkembang dalam kekayaan dan kualitas ketika otak terlibat aktif dalam penyelesaian masalah. Tetapi ketika itu semua tidak dirangsang dengan kesempatan untuk mencoba hal baru, itu semua akan percuma.

Model otak berikut ini telah datang dari bertahun-tahun percobaan dengan tikus oleh Dr Marian Diamond, professor anatomi dari University of California di Berkeley.

Dr Diamond mengajarkan tikus untuk melakukan beberapa trik. Dia kemudian membelah otak tikus tersebut dan membandingkannya dengan otak tikus yang lainnya yang tidak diajarkan menggunakan trik. Dr Diamond menemukan bahwa tikus yang terlatih memiliki otak yang lebih besar dibanding tikus yang tidak terlatih.

Jadi orang-orang yang terpelajar, mereka lebih pintar dan otak mereka berkembang lebih besar. Otak dapat membesar atau mengecil sama seperti otot kita. Jika kita dapat menguatkan otot kita, kita juga dapat menguatkan otak kita – dengan berpikir dan menyelesaikan masalah.

Berpikir keras dan mengkomunikasikan pemikiran kita kepada orang lain sangatlah penting. Perhatian dari seorang pendengar memfokuskan pemikiran kita – membuatnya menjadi lebih penting. Cobalah untuk membantu memahami orang lain dan memahami ide yang memaksa kita untuk mengembangkannya lebih teliti. Seberapa sering anda memberikan diri anda kesempatan untuk berpikir?

Dalam penelitian jangka panjang mengenai manusia, telah menunjukan bahwa orang yang terus aktif secara intelektual dapat mengerjakan tes kecerdasan pada usia diatas 60 tahun.

Anda tidak dapat merubah keturunan anda atau usia anda, sama seperti anda tidak dapat merubah struktur dasar tulang anda, tetapi anda dapat menambah kapasitas otak anda. Otak anda, sama seperti otot anda, akan lemah jika tidak digunakan secara terus menerus.

Hal ini telah ditetapkan bahwa otak anda dan system saraf peripheral sama seperti kabel telepon yang membawa informasi terus menerus.

Rangsangan tertentu akan menjaga ‘kabel’ anda mengalir dengan informasi yang akan menunjukan sinyal internal dan eksternal bagi pikiran dan tindakan anda.

Multiple Intelligences Model
Sebuah ide yang revolusioner yang mendapat perhatian besar baik dari komunitas peneliti dan masyarakat adalah model multiple intelligences. Dikembangkan oleh Dr Howard Gardner dari Harvard University, model ini menantang kepercayaan lama tentang apa artinya menjadi cerdas.

Dr Gardner percaya bahwa pendidikan kita terlalu menfokuskan perhatian pada verbal dan pemikiran logis – biasanya kemampuan dinilai dari tes IQ – dan mengabaikan cara lain untuk menjadi pandai.

Dr Gardner menunjukan bahwa setidaknya ada tujuh kecerdasan yang dapat dianggap serius sebagai cara belajar, dimana sekolah pun biasanya meminta anda menggunakan hanya dua – matematika/logis dan bahasa.

Menurut Dr Gardner, otak dapat maju perlahan-lahan, meningkatkan daya ingat dalam jangka panjang, membangun kepercayaan diri dan mengerakan imajinasi dengan memberikan rangsangan menggunakan lebih dari tujuh kecerdasan anda.

Lima kecerdasan yang lain adalah:

Ruang kecerdasan anda:
Bagian otak ini suka berpikir dalam gambar dan hubungan antar ruang. Chart, diagram, peta, gambar dan alat Bantu visual lainnya merangsang kapasitas otak anda.

Ketika anda membuat catatan dengan gambar, anda akan menemui kemudahan untuk mengingat ide-ide yang sedang anda pelajari. Anda dapat membuat catatan dalam bentuk nota otak. Jika anda ingin ingat untuk melakukan sesuatu, asosiasikan dengan yang lain.

Kecerdasan kinestetik anda:
Kata ‘kinestetik’ merujuk pada gerak tubuh. Anda menggunakan kecerdasan ini ketika anda berpikir menggunakan tubuh anda. Penelitian otak terkini menunjukan cara yang paling efektif untuk memproses ide-ide baru adalah dengan menghubungkannya dengan pengalaman yang melibatkan tubuh.

ketika anda membaca sebuah deskripsi aktivitas, bayangkan anda melakukannya sendiri. Kadang-kadang ide-ide abstrak lebih mudah untuk dipahami jika anda berpikir bagaimana itu semua diekspresikan dalam sebuah tarian.

Kecerdasan musical anda:
Kecerdasan ini merupakan bagian dari diri anda yang suka bernyanyi, memainkan alat musik, mendengarkan musik, atau bahkan membuat musik anda sendiri. Anda dapat menggunakan musik dalam segala hal untuk membantu anda menjadi lebih baik lagi disekolah.

Jika anda harus mengingat sejumlah fakta – seperti rumus matematika atau sejarah – akan lebih mudah juka anda membuatnya dalam sebuah lagu atau mungkin rap.

(apakah anda masih mengingat bagaimana anda mempelajari huruf alphabet ABC menggunakan lagu?) buatlah versi anda sendiri mengenai materi yang harus anda pelajari, dan nyanyikanlah dengan salah satu lagu favorit anda.

Untuk hasil yang lebih baik dapat menggunakan Baroque, musik klasik atau romantis. Tiga jenis musik tersebut tampaknya dapat membuat otak lebih mudah untuk mengingat sesuatu.

Kecerdasan interpersonal anda:
Kecerdasan ini membantu anda bersosialisasi dengan yang lain. Jika anda memiliki banyak teman dan senang berpesta, atau jika orang-orang mencari anda untuk kepemimpinan dan saran, anda mungkin harus memiliki kecerdasan interpersonal yang kuat.

Belajar bersama dalam kelompok. Bergabung bersama untuk mencari tahu bagaimana membuat materi yang anda pelajari lebih menarik dan lebih mudha untuk dipahami.

Kecerdasan intrepersonal anda:
Kecerdasan ini membantu anda untuk memahami diri anda sendiri. Memahami diri anda dalam cara baru dapat membantu anda untuk memahami ide-ide baru.
Ambilah satu bagian dalam buku pelajaran yang berisi informasi penting yang ingin anda ingat. Pastikan anda memahami ide-ide tersebut, dan kemudian kaitkan setiap ide tersebut dengan sesuatu dari pengalaman anda sendiri.
[Dilanjutkan di Part III]




By Lee Say Keng, KNOWLEDGE ADVENTURER & TECHNOLOGY EXPLORER
Optimum Performance Technologies
Translated by SUPER BRAIN INDONESIA

CARA DAN TEHNIK UNTUK MENGOPTIMALKAN KEKUATAN OTAK ANDA AGAR CEPAT MENGUASAI PELAJARAN DAN INFORMASI (PART I)

1. Pendahuluan
Otak anda telah dibuat khusus untuk anda

Asli.

Hanya ada Satu.

Dan hal itu dilengkapi dengan segala macam yang anda butuhkan untuk belajar, tumbuh, bermimpi, menciptakan, berpikir, mengingat, dan menjadi yang terbaik.

Tetapi ada satu hal yang tidak ada adalah buku panduan cara bagaimana menggunakan otak dengan baik.

Saya berusaha menyatukan semuanya, pada halaman berikut ini, kumpulan cara-cara dan tehnik yang berguna bagi anda, dengan mengumpulkan dan menguraikan ide-ide dan pengetahuan dari beberapa penelitian tentang otak.

Semua ini saya ambil berdasarkan pengalaman saya sendiri selama menggeluti bidang mengenai otak manusia, segala sesuatu yang berorientasi pada perubahan, teknologi yang difokuskan untuk masa depan.

Kumpulan cara-cara dan tehnik ini ditujukan bagi siapa saja yang ingin mengetahui lebih jauh tentang kemungkinan – dan kemampuan – dari otak untuk menguasai pelajaran dan informasi. Semoga, ini juga bisa dijadikan buku panduan untuk menggunakan otak anda dengan baik.

2. Perspektif Global
Mata uang dunia saat ini adalah informasi.

Untuk dapat bertahan dan sukses pada abad ke-21 ini, anda harus mempertajam kemampuan anda untuk belajar hal-hal baru, untuk mengumpulkan informasi dengan cepat, untuk menguraikannya dan kemudian membuat pilihan untuk menjawabnya

Informasi bukanlah pengetahuan. Anda dapat menghasilkan banyak data mentah dan fakta-fakta dan angka dalam jumlah yang luar biasa. Tetapi anda tidak bisa menghasilkan pengetahuan yang banyak, jika diciptakan hanya dari otak individual, menggambar dari pengalaman individual, memisahkan yang penting dari yang tidak relevan, dan membuat penilaian.

Selain itu, data bukanlah informasi. Informasi adalah makna yang anda berikan pada data yang masuk. Unsur-unsur data perseorangan, dengan sendirinya, memiliki arti yang kecil.ini terjadi hanya ketika data yang masuk, dalam beberapa hal berintegrasi dan diproses oleh otak, itulah saat makna tersebut menjadi jelas.

Peneliti yang sudah cukup terkenal John Naisbitt memasukannya kedalam sebuah perspektif:
“Kita tenggelam dalam informasi dan haus akan pengetahuan. Berapa banyak informasi yang telah anda serap? Tanpa struktur, kerangka acuan, sebagian besar data yang anda dapatkan mungkin hanya akan menjadi angin lalu bagi anda.”

3. Otak Anda sama seperti CPU Anda (Central Proccesing Unit)
Untuk mengguasai pelajaran dan informasi, otak anda adalah CPU atau Central Processing Unit (Pusat Pemrosesan)

Sekitar 80% hingga 90% dari data harian anda yang masuk lewat penglihatan, yang diambil oleh mata anda, membentuk jalur pada otak anda.

Otak anda merupakan organ yang paling penting dalam tubuh anda. Bukan hanya merupakan pusat kontrol yang membuat keseluruhan bagian tubuh anda berfungsi, tetapi juga membuat anda menjadi lebih jelas.

Dipercaya bahwa anda hanya menggunakan sedikit dari kapasitas otak anda – diperkirakan sekitar 1% hingga 10%, hasil penelitian ini berbeda-beda tergantung dari penelitinya.

Tidak seperti komputer, otak anda dapat membuat kesalahan ketika hendak memproses sejumlah informasi, tetapi tidak tertandingi dalam menyimpan sejumlah data yang disajikan.

Sebuah komputer adalah sebuah alat yang luar biasa. Komputer dapat mengingat juataan jenis informasi

Tetapi komputer tidak dapat berpikir. Tidak dapat mengenali wajah seseorang direunian yang telah naik berat badannya, atau telah kehilangan rambutnya, dan samar-samar terlihat seperti mantan pacar anda.

Meskipun otak anda menyimpan gambar-gambar lama, tetapi tetap dapat menghadapi perubahan dan mengenali teman lama anda.

Ada satu hal yang sama-sama dibutuhkan komputer dan otak – sebuah masukan yang dapat diproses menjadi hasil. Kadang-kadang, kita berhenti memasukan sejumlah data baru kedalam otak kita setelah umur-umur tertentu. Kita tidak menghargai kapasitas otak yang telah menua.

4. Memahami Sistem Otak Anda
Pada otak anak remaja, beratnya sekitar 1,5 Kg, dan terdapat lebih dari 10,000,000,000 atau 10 sampai 9 kekuatan sel-sel otak

Sel-sel otak tetap hidup dan berfungsi dengan oksigen, dimana dibawa ke otak melalui darah. Yaitu sekitar 2% dari total berat badan, otak mengkonsumsi 25% asupan oksigen ke tubuh.

Otak dilindungi dari kekurangan nutrisi penting melalui proses yang dinamai penyelamatan otak, yang memastikan bahwa otak mendapatkan nutrisi penting sebelum organ-organ yang lain. Tetapi jika hal ini terus berlanjut akan menyebabkan kekurangan gizi, cara kerja otak juga akan berubah.

Kira-kira 1-1/2 liter darah mengalir melalui otak setiap menitnya – sambil membawa oksigen dan makanan penting untuk digunakan otak.

Hanya dengan gangguan selama 5 detik dalam darah dapat menyebabkan seseorang tidak sadar dan jika terjadi gangguan selama beberapa menit, otak akan mengalami kerusakan. Semakin banyak darah dan oksigen dalam otak tampaknya dapat meningkatkan kegiatan intellektual.

Secara singkat, otak terdiri dari tiga komponen utama.

Batang otak berfungsi sebagai kabel, yang bertugas membawa informasi keseluruh tubuh. System diatas disebut limbic system. Baik belajar dan perilaku motivasi berada di system ini. Cortex menutupi otak dan area yang mengontrol kecerdasan dan aktivitas mental. Disinilah, anda membuat keputusan dan merumuskan logika.

Cortex dibagi menjadi dua bagian, setiap bagian memiliki kecendrungan jenis informasi yang dapat diproses. Dua bagian ini dihubungkan dengan ratusan ribu saraf-saraf kecil yang disebut corpus callosum.

Bagian yang paling sering menjadi perhatian dalam beberapa tahun terakhir ini telah menekan kedua bagian ini yang biasa disebut otak kiri dan otak kanan.
[dilanjutkan di Part II]



By Lee Say Keng, KNOWLEDGE ADVENTURER & TECHNOLOGY EXPLORER
Optimum Performance Technologies
Translated by SUPER BRAIN INDONESIA

KETRAMPILAN BELAJAR ABAD 21 BAGI PARA PELAJAR MASA KINI

Mata Pelajaran utama
- Bahasa Inggris
- Bahasa dunia lainnya
- Kesenian
- Matematika
- Ekonomi
- Ilmu Pengetahuan Alam
- Geografi
- Sejarah
- Pemerintahan dan Kewarganegaraan

1. Kesadaran Global
Menggunakan ketrampilan abad 21 untuk memahami dan mengatasi masalah-masalah global.

Belajar dari dan bekerja sama dengan orang-orang yang mewakili berbagai macam budaya, agama dan gaya hidup dengan semangat saling menghargai dan keterbukaan diantara sesame, baik dalam lingkup kerja dan komunitas.

Memahami Negara lain dan kebudayaannya, termasuk Negara yang tidak menggunakan bahasa inggris.

Para pelajar akan menguji bagaimana urbanisasi dan perluasan pinggir kota telah mengakibatkan populasi hewan local dan habitat mereka.
Sebuah diskusi tentang bagaimana penebangan hutan, pemburuan, dan perdagangan hewan liar telah berkontribusi pada kepunahan dari spesies akan membuat para pelajar membuat koneksi global.


2. Kreatifitas dan Inovasi
Menunjukan oraginalitas dan penemuan baru dalam pekerjaan.

Mengembangkan, mengimplementasikan dan mengkomunikasikan ide-ide baru kepada yang lain.

Selalu terbuka dan menerima pandangan baru dan berbeda.

Dengan menguraikan pandangan yang berbeda-beda, para pelajar dapat mengetahui bagaimana mereka berdiri diatas pelestarian hewan dan habitatnya.

Para pelajar akan merancang sebuah proyek puncak yang mendukung perubahan dan akan menginformasikan bukti-bukti yang telah dipelajari kepada yang lain.


3. Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah
Berlatih menyuarakan pendapat untuk memahami

Membuat pilihan dan keputusan yang sulit

Memahami keterkaitan antar system

Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan mendasar yang memperjelas berbagai sudut pandang dan mengarah ke solusi yang lebih baik.

Mengkotak-kotakan, menganalisa dan menyatukan informasi untuk menyelesaikan masalah dan menjawab pertanyaan.

Ketika berkomunikasi dengan orang yang ahli dilapangan, para pelajar akan memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang paling signifikan untuk menjelaskan berbagai sudut pandang.


4. Komunikasi dan Kolaborasi
Mengutarakan pemikiran dan ide-ide secara jelas dan efektif melalui ucapan dan tulisan.

Menunjukan kemampuan untuk bekerja secara efektif dengan team yang berbeda-beda.

Melatih flexibilitas dan kesediaan untuk membantu dalam membuat kesepakatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama.

Mengasumsikan berbagi tanggung jawab agar dapat berkolaborasi dalam bekerja

Setiap pelajar akan diberikan kesempatan untuk bekerja dengan team yang berbeda dan akan diberikan tanggung jawab untuk bekerja sama.


5. Literatur Informasi
Mengakses informasi secara efisien dan efektif, mengevaluasi informasi secara kritis dan kompeten dan menggunakan informasi secara akurat dan kreatif untuk isu atau masalah yang dihadapi.

Memiliki pemahaman dasar mengenai isu-isu yang berkaitan dengan masalah etika/hukum melingkupi akses dan penggunaan informasi.

Sejak bermunculan berbagai macam pandangan mengenai penyelamatan hewan dan apa yang harus dilakukan manusia untuk menyelamatkan spesies hewan lainnya, para pelajar akan mendapatkan kesempatan untuk menilai informasi ketika mengatur penelitian mereka.

Isu-isu yang berkaitan dengan masalah etika/hukum melingkupi akses dan penggunaan informasinya akan menjadi bagian yang sangat pentinf dalam penelitian ini.


6. Literatur Media
Memahami bagaimana pesan media dapat dibangun, untuk tujuan apa dan menggunakan alat yang mana, karakteristik-karakteristiknya dan konvesi.

Memeriksa bagaimana individu menginterpretasikan pesan yang berbeda, bagaimana nilai-nilai dan sudut pandang yang disertakan atau tidak dan bagaimana media dapat mempengaruhi keyakinan dan perilaku.

Memiliki pemahaman dasar mengenai isu-isu yang berkaitan dengan masalah etika/hukum melingkupi akses dan penggunaan informasi.

Para pelajar harus mengenali bagaimana perbedaan kelompok-kelompok pelindung hak hewan menggunakan media untuk menyuarakan pesan mereka.

Dengan memeriksa pesan media, para pelajar akan mengenali bagaimana media dapat mempengaruhi kepercayaan dan perilaku.


7. Literatur Informasi, Komunikasi & Teknologi
Dengan menggunakan teknologi digital, alat komunikasi dan/atau jaringan yang tepat untuk mengakses, mengelola, menggabungkan, mengevaluasi, dan menciptakan informasi agar dapat berfungsi dalam sebuah pengetahuan ekonomi.

Menggunakan teknologi sebagai alat untuk penelitian, mengatur, mengevaluasi dan mengkomunikasikan informasi, dan yang memiliki pemahaman mendasar mengenai mengenai isu-isu yang berkaitan dengan masalah etika/hukum melingkupi akses dan penggunaan informasi.

Para pelajar akan menggunakan teknologi sebagai alat untuk penelitian. Dalam penciptaan proyek-proyek mereka, para pelajar akan menggunakan teknologi digital dan alat-alat komunikasi untuk mengakses, mengatur, mengintegrasi, mengevaluasi dan menciptakan informasi.


8. Kemampuan dalam Kehidupan dan Karir
Kehidupan saat ini dan lingkungan kerja memerlukan lebih dari ketrampilan berpikir dan pengetahuan. Kemampuan untuk mengarahkan hidup yang rumit dan lingkungan kerja yang kompetitif di era informasi global menyebabkan para pelajar harus membayar dengan perhatian yang ketat untuk mengembangkan ketrampilan hidup dan karir yang memadai.

Fleksibilitas dan Kemampuan beradaptasi

Ketika bekerja dalam sebuah kelompok, para pelajar akan beradaptasi dengan peran dan tanggung jawab yang berbeda-beda.

Para pelajar akan mengenali perubahan prioritas sebagai proyek puncak mereka yang dipaparkan.

Inisiatif dan mampu mengatur diri sendiri

Para pelajar akan memulai dengan informasi dasar tentang topic tersebut, kemudian mereka akan memperluas informasi tersebut untuk mengeksplorasi dan memperluas pembelajaran bagi diri mereka sendiri.

Mereka akan menggunakan kurikulum untuk menunjukan inisiatif untuk meningkatkan kemampuan mereka ke level professional.

Para pelajar akan menggunakan manajemen waktu untuk mengatur beban kerja mereka.

Sebuah komitmen untuk belajar seumur hidup akan jelas sebagai pelajar untuk menyelesaikan masalah menggunakan system kepercayaan mereka sebagus mereka menggunakan informasi baru yang mereka temukan.

Kemampuan social dan kemampuan antar budaya

Ketika para pelajar bekerja dalam kelompok, mereka akan mencontoh produktivitas kerja yang baik dan akan membantu sesama teman kelompok untuk meningkatkan kualitas kerja kelompok.

Produktivitas dan dapat bertanggung jawab

Sebagai pelajar yang membuat proyek-proyek puncak mereka, mereka akan menggunakan batas waktu untuk menetapkan dan memenuhi standart yang tinggi dan tujuan untuk memberikan kualitas kerja tepat waktu.

Para pelajar akan didorong untuk mempraktekan kemampuan ketepatan waktu dan dapat diandalkan selama proses tersebut.

Kepemimpinan dan Bertanggung jawab

Setiap pelajar akan bertanggung jawab untuk proyek tersebut dengan menggunakan kemampuan interpersonal dan kemampuan penyelesaian masalah untuk mempengaruhi dan menuntun orang lain mencapai tujuan yang sama.

Kekuatan setiap pelajar akan diakui sebagai bagian yang penting untuk mencapai tujuan bersama.




By Lee Say Keng, KNOWLEDGE ADVENTURER & TECHNOLOGY EXPLORER
Optimum Performance Technologies
Translated by SUPER BRAIN INDONESIA

KEBIASAAN BELAJAR YANG SEHAT UNTUK PARA PELAJAR

Menurut Psych Central, yang dilaporkan sebagai jaringan internet kesehatan mental terbesar dan tertua, berikut adalah beberapa ide untuk membantu para pelajar menjaga dan meningkatkan kesehatan mental dan emosional.

Berikut adalah lima bidang utama yang perlu diingat:
Sosial, Fisik, Kognitif, Emosional dan Motivasi

1) Strategi Sosial:
• Tetap berhubungan dengan teman-teman dan keluarga –terutama minggu-minggu awal ke universitas
• Bertemanlah dengan orang-orang yang ada di kelas atau tinggal disekitar Anda
•Sarankan beberapa kegiatan yang disarankan seperti pergi minum kopi bersama atau jalan bersama saat makan siang dan membuka diri anda untuk menerima tawaran kegiatan lain
•Ingatlah untuk berbicara dengan seseorang dari Bimbingan Konseling untuk membantu anda jika ada perasaan dijauhi oleh lingkungan sekitar.

2) Strategi Fisik:
• Biasakan untuk tidur cukup
• Pastikan anda berolahraga secara teratur
• Makanlah makanan yang sehat
• Pergilah ke dokter segera setelah anda merasa tidak enak badan
•Hindari aktivitas yang anda ketahui bermasalah seperti berjudi, minum minuman keras, menggunakan obat terlarang dan membiarkan internet atau game computer mencuri waktu anda
•Jika ada masalah bicarakan dengan seseorang yang ada di Bimbingan Konseling atau dokter

3) Strategi Emosional:
• Coba pelajari latihan pernapasan, meditasi atau terima keadaan anda saat ini (bebaskan pikiran anda). Hampir semua kecemasan kita adalah sesuatu tentang masa lalu atau masa depan;
• Lakukan pengalihan pikiran seperti pergi jalan-jalan, mendengarkan musik atau (jika anda mengalami kebuntuan dipelajaran) menghitung jumlah bata ditembok! Atau anda dapat ‘menyalurkan’ perasaan anda seperti contohnya jika anda sedang marah tentang sesuatu, berlarilah atau menyanyilah dengan keras atau cobalah untuk menuliskan perasaan anda;
• Perhatikan waktu yang baik
• Jika anda tetap mengalami stress yang berkepanjangan, carilah pertolongan dari professional atau teman;

4) Strategi Kognitif:
• Selalu berpikir positif. Ingatkan diri anda tentang ketrampilan dan kemampuan anda
• Hindari berpikir suatu yang buruk, seperti contohnya daripada berpikir “Ini sebuah tanda bahwa saya akan mendapat bencana”, sebaiknya berpikir “Sangat disayangkan saya mendapatkan tanda itu, apa yang bisa saya lakukan mengenai hal tersebut?”
• Hindari pemikiran negatif seperti contohnya, daripada berpikir “Saya selalu membuat kekacauan” berpikirlah “Saya tidak melakukan dengan baik kali ini, apa yang bisa saya perbaiki”,
• Hindari membandingkan diri anda dengan orang lain. Biasanya akan berakhir dengan perasaan yang tidak enak tentang diri anda sendiri
• Jika anda memiliki masalah cobalah berbicara dengan guru konseling anda atau wali kelas anda.

5) Strategi Motivasi:
• Selalu visualisasikan kesuksesan. Bayangkan diri anda mendapatkan gelar, atau pergi untuk merayakan kelulusan – temukan sebuah gambaran yang mendemonstrasikan kesuksesan dan simpanlah gambaran tersebut di pikiran anda atau carilah objek untuk mewakili keberhasilan;
• Ingatkan diri anda kenapa anda ada disini dan apa yang anda harapkan ketika anda memulai pelajaran;
• Buat tujuan yg kecil, spesifik dan realistic;
• Tetaplah mempraktekan belajar yang baik – menyeimbangkan belajar dengan menyenangkan
• Bicarakan dengan teman yang lain apa yang sedang anda kerjakan
• carilah bantuan ke guru anda, professor atau guru konseling jika anda mengalami kesulitan


By Lee Say Keng, KNOWLEDGE ADVENTURER & TECHNOLOGY EXPLORER
Optimum Performance Technologies
Translated by SUPER BRAIN INDONESIA