Kamis, 01 Juli 2010

MEMBACA UNTUK MEMBUAT IMPLIKASI

Salah satu yang paling produktif yang saya keluarkan dari klasik, 'de bono's Thinking Course' beberapa tahun lalu ketika saya pertama kali membacanya, selain banyak pendekatan untuk berpikir, penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan yang disarankan oleh penulisnya, adalah ide yang bagus dari membaca untuk implikasi

Edward de bono, sang penulis, menyebutnya sebagai ‘memadatkan bacaan’.

Sebenarnya, ini adalah bentuk dari membaca analitis, tetapi saya lebih suka menggabungkannya sebagai membaca dengan pemeriksaan yang mendalam di dalam pikiran.

Hasil akhir dari membaca dengan cara ini adalah untuk memberi jeda, untuk merenungkan dan untuk merangsang keluar implikasi.

Meskipun dia telah menyarankan pembaca untuk menetapkan pikiran untuk menemukan hal-hal yang mengagumkan atau menarik dari apa saja yang dibaca, dia memiliki beberapa poin penting yang telah saya interpretasikan seperti berikut ini:

Kita tidak hanya boleh membaca perbaris saja, tetapi juga diantara baris dan didalam dan diluar baris juga, sehingga kita dapat menangkap semua implikasi dari apa yang kita baca.

Beberapa pertanyaan yang muncul di pikiran kita membantu kita untuk melakukan pemeriksaan mendalam, dari pengalaman pribadi saya, seperti:

- Apa maksud dari bagian ini? Apa artinya? Apa lagi yang dikatakan oleh penulis?

- Apakah ada yang hilang atau secara sengaja dihilangkan? Apakah ada agenda tersembunyi?

- Apa yang insting saya katakan tentang materi ini?

- Apa bagian ini mengarah ke sesuatu?

- Apa yang diilustrasikan dari bagian ini?

- Ide apa atau kemungkinan apa yang akan terjadi disini?

- Apakah ini yang saya harapkan? Apa saya sudah puas?

- Apakah ada hal lain yang perlu saya cari tahu lagi?

- Apakah saya bisa menggabungkan materi dari buku ini dengan buku yang lain? Apa kesamaannya? Apa perbedaannya? Apakah ada hal yang bertentangan, jika ada?

- Apa yang bisa saya ambil atau poin yang bisa dipelajari? Apa ada kemungkinan bisa diaplikasikan?

Hal ini juga dapat membantu jika anda memiliki pensil atau pulpen ditangan anda untuk membuat penjelasan baik disengaja atau tidak dipinggir buku anda sebagai bahan pemeriksaan anda

Stiker transparent kecil juga sangat membantu, khususnya ketika anda ingin menandai halaman untuk bahan pemeriksaan anda di lain waktu.



By Lee Say Keng, KNOWLEDGE ADVENTURER & TECHNOLOGY EXPLORER
Optimum Performance Technologies
Translated by SUPER BRAIN INDONESIA