Senin, 30 Agustus 2010

TANDAI HALAMAN DI BUKUMU

Saya masih sangat tertarik dengan cara Guy Kawasaki menandai salinan bukunya, 'Founders at Work: Stories of Startups Early Days', dengan sticker penanda buku, seperti yang ia bicarakan di blog nya.

Menurut Guy Kawasaki, dia telah memegang rekor “buku dengan banyak sticker penanda buku”.


Di sistemnya, seperti yang telah ia jelaskan, dan diperlihatkan pada foto di blog nya, bahwa penanda buku yang ada dibagian atas adalah ide-ide untuk buku berikutnya, dan yang ada disamping adalah ide-ide untuk blog nya”.


Beberapa bulan belakangan ini, saya juga mulai menggunakan system yang berbeda untuk penandaan halaman buku dengan sticker kode warna.


- Sticker warna merah untuk setiap konsep baru atau gagasan baru yang diperkenalkan buku ini;
- Sticker warna biru untuk kutipan yang menarik atau memberikan inspirasi, yang bisa saya gunakan didalam blog saya;
- Sticker warna hijau untuk ilustrasi atau anekdot yang berguna, yang bisa saya gunakan di workshop saya;
- Sticker warna kuning untuk games baru atau latihan atau percobaan, yang bisa saya gunakan atau adaptasi di workshop saya;

Dengan adanya penandaan melengkapi penjelasan marginal yang ada dibuku, seperti yang sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya.


Bagi saya, penjelasan marginal dan penandaan sering membantu pembaca untuk memperoleh informasi yang ia butuhkan dengan cepat.




By Lee Say Keng, KNOWLEDGE ADVENTURER & TECHNOLOGY EXPLORER
Optimum Performance Technologies
Translated by SUPER BRAIN INDONESIA