Senin, 06 September 2010

BAGAIMANA MEMBACA SECARA AKTIF

Membaca merupakan bagian dari hidup saya

Berikut ini merupakan beberapa ide-ide tambahan dan tips yang dapat saya bagikan ke pembaca, dilihat dari pencapaian membaca saya sendiri:

1) Ada relevansi dalam bacaan:

- rencana membaca saya adalah selalu terkait dengan dengan tujuan pribadi saya dan objektifitas saya;
- apapun buku yang saya baca harus memiliki relevansi dengan hasil saya sebagai seorang knowledge adventure dan technology explorer di bidang berbasis otak, fokus masa depan dan berorientasi pada perubahan teknologi;
- saya ,mengikuti salah satu aturan utama dari membaca dengan kinerja tinggi: saya hanya membaca apa yang saya butuhkan: dengan kata lain, saya tidak perlu membaca keseluruhan buku!

2) Jadikan membaca menjadi suatu hal yang pribadi:

- setiap kali saya mulai membaca buku baru, saya selalu bertanya pada diri saya terlebih dahulu: apakah saya sudah tahu topic ini? Apa yang ingin saya ketahui atau pelajari?;
- selama membaca, sekali lagi saya akan bertanya pada diri saya: apa yang saya rasakan tentang informasi baru ini?
- setelah membaca, saya akan mengumpulkan semua poin-poin penting dan memeriksanya kembali: apa yang saya pelajari dari buku ini? Bagaimana saya akan menggunakan poin-poin penting ini ke dalam pekerjaan saya dan juga kehidupan saya?
- terkadang, saya akan menantang diri saya sendiri: bagaimana topic ini berhubungan dengan hidup saya?
- saya selalu mempersiapkan buku catatan saya kapanpun saya butuhkan untuk menulis ide-ide yang dapat ditindak lanjuti dan/atau wawasan pragmatis; seringkali hal tersebut berakhir dengan Mind manager Pro map untuk eskplorasi lebih lanjut;
- kadang, saya merasa perlu untuk menerapkan pemikiran awal de bono: apa factor ‘plus’ dalam buku ini?...faktor ‘minus’ dalam buku ini?...faktor ‘menarik’ dalam buku ini?

3) Jadikan bacaan saya menjadi menarik:

- bagi saya, cara yang terbaik adalah: ajukan beberapa pertanyaan; tulis dipinggir buku; ringkas dengan sebuah nota otak singkat, khususnya disetiap akhir bab; membuat review gagasan-gaasan yang berguna didalam buku ini setelah membaca;
- saya selalu menantang diri saya sendiri: kemana ide-ide ini menuntun saya?
- saya selalu meluangkan waktu untuk merefleksi apa yang say abaca – untuk itulah catatan saya sangat berguna;
- sesekali, saya juga membaca synopsis buku- hal tersebut selalu menyenangkan dan lebih bermanfaat;

4) Buatlah membaca sebagai suatu kewajiban:

- saya selalu menyimpan sebuah buku bacaan harian;
- saya membaca secara teratur – setiap hari – dan konsisten: diantara browsing internet; sebelum tidur; kadang sambil menonton TV; ketika menunggu, seperti biasanya saya memiliki satu atau dua buku bersama saya; ketika duduk di toilet;
-seringkali, saya menyukai membaca buku dari internet, walaupun buku-buku tersebut biasanya tidak lengkap dikarenakan peraturan copyright – bagi saya, yang paling penting saya membaca apa yang saya butuhkan: terima kasih untuk Amazon & Google Readers!
- kadang, saya hanya mencari buku-buku didalam perpustakaan pribadi saya secara acak, sepuluh sampai dua puluh buku sekali membaca;
- salah satu favorit saya adalah mengunjungi toko buku - Borders, Kinokuniya & Times; sesekali, ke toko buku bekas – dan saya suka sekali mencari koleksi buku mereka; sekali lagi, catatan saya selalu ada untuk saya mencuri beberapa ide didalamnya

5) Mempublikasikan bacaan saya:

- saya me-review buku di Amazon.com – saya merupakan top reviewer – begitu juga di blog pribadi saya;
- saya membuat daftar buku di Amazon.com untuk mencerminkan favorit pribadi saya;
- diantara banyak rekan bisnis dan teman baik, saya terkenal sebagai seorang pemberi ide yang baik karena saya sering sekali membaca;
- saya sering mendiskusikan ide-ide dari buku serta sumber publikasi lainnya dengan teman gym saya – dan untungnya, kami memiliki kesenangan yang sama.



By Lee Say Keng, KNOWLEDGE ADVENTURER & TECHNOLOGY EXPLORER
Optimum Performance Technologies
Translated by SUPER BRAIN INDONESIA