Rabu, 31 Maret 2010

CARA DAN TEHNIK UNTUK MENGOPTIMALKAN KEKUATAN OTAK ANDA AGAR CEPAT MENGUASAI PELAJARAN DAN INFORMASI (PART I)

1. Pendahuluan
Otak anda telah dibuat khusus untuk anda

Asli.

Hanya ada Satu.

Dan hal itu dilengkapi dengan segala macam yang anda butuhkan untuk belajar, tumbuh, bermimpi, menciptakan, berpikir, mengingat, dan menjadi yang terbaik.

Tetapi ada satu hal yang tidak ada adalah buku panduan cara bagaimana menggunakan otak dengan baik.

Saya berusaha menyatukan semuanya, pada halaman berikut ini, kumpulan cara-cara dan tehnik yang berguna bagi anda, dengan mengumpulkan dan menguraikan ide-ide dan pengetahuan dari beberapa penelitian tentang otak.

Semua ini saya ambil berdasarkan pengalaman saya sendiri selama menggeluti bidang mengenai otak manusia, segala sesuatu yang berorientasi pada perubahan, teknologi yang difokuskan untuk masa depan.

Kumpulan cara-cara dan tehnik ini ditujukan bagi siapa saja yang ingin mengetahui lebih jauh tentang kemungkinan – dan kemampuan – dari otak untuk menguasai pelajaran dan informasi. Semoga, ini juga bisa dijadikan buku panduan untuk menggunakan otak anda dengan baik.

2. Perspektif Global
Mata uang dunia saat ini adalah informasi.

Untuk dapat bertahan dan sukses pada abad ke-21 ini, anda harus mempertajam kemampuan anda untuk belajar hal-hal baru, untuk mengumpulkan informasi dengan cepat, untuk menguraikannya dan kemudian membuat pilihan untuk menjawabnya

Informasi bukanlah pengetahuan. Anda dapat menghasilkan banyak data mentah dan fakta-fakta dan angka dalam jumlah yang luar biasa. Tetapi anda tidak bisa menghasilkan pengetahuan yang banyak, jika diciptakan hanya dari otak individual, menggambar dari pengalaman individual, memisahkan yang penting dari yang tidak relevan, dan membuat penilaian.

Selain itu, data bukanlah informasi. Informasi adalah makna yang anda berikan pada data yang masuk. Unsur-unsur data perseorangan, dengan sendirinya, memiliki arti yang kecil.ini terjadi hanya ketika data yang masuk, dalam beberapa hal berintegrasi dan diproses oleh otak, itulah saat makna tersebut menjadi jelas.

Peneliti yang sudah cukup terkenal John Naisbitt memasukannya kedalam sebuah perspektif:
“Kita tenggelam dalam informasi dan haus akan pengetahuan. Berapa banyak informasi yang telah anda serap? Tanpa struktur, kerangka acuan, sebagian besar data yang anda dapatkan mungkin hanya akan menjadi angin lalu bagi anda.”

3. Otak Anda sama seperti CPU Anda (Central Proccesing Unit)
Untuk mengguasai pelajaran dan informasi, otak anda adalah CPU atau Central Processing Unit (Pusat Pemrosesan)

Sekitar 80% hingga 90% dari data harian anda yang masuk lewat penglihatan, yang diambil oleh mata anda, membentuk jalur pada otak anda.

Otak anda merupakan organ yang paling penting dalam tubuh anda. Bukan hanya merupakan pusat kontrol yang membuat keseluruhan bagian tubuh anda berfungsi, tetapi juga membuat anda menjadi lebih jelas.

Dipercaya bahwa anda hanya menggunakan sedikit dari kapasitas otak anda – diperkirakan sekitar 1% hingga 10%, hasil penelitian ini berbeda-beda tergantung dari penelitinya.

Tidak seperti komputer, otak anda dapat membuat kesalahan ketika hendak memproses sejumlah informasi, tetapi tidak tertandingi dalam menyimpan sejumlah data yang disajikan.

Sebuah komputer adalah sebuah alat yang luar biasa. Komputer dapat mengingat juataan jenis informasi

Tetapi komputer tidak dapat berpikir. Tidak dapat mengenali wajah seseorang direunian yang telah naik berat badannya, atau telah kehilangan rambutnya, dan samar-samar terlihat seperti mantan pacar anda.

Meskipun otak anda menyimpan gambar-gambar lama, tetapi tetap dapat menghadapi perubahan dan mengenali teman lama anda.

Ada satu hal yang sama-sama dibutuhkan komputer dan otak – sebuah masukan yang dapat diproses menjadi hasil. Kadang-kadang, kita berhenti memasukan sejumlah data baru kedalam otak kita setelah umur-umur tertentu. Kita tidak menghargai kapasitas otak yang telah menua.

4. Memahami Sistem Otak Anda
Pada otak anak remaja, beratnya sekitar 1,5 Kg, dan terdapat lebih dari 10,000,000,000 atau 10 sampai 9 kekuatan sel-sel otak

Sel-sel otak tetap hidup dan berfungsi dengan oksigen, dimana dibawa ke otak melalui darah. Yaitu sekitar 2% dari total berat badan, otak mengkonsumsi 25% asupan oksigen ke tubuh.

Otak dilindungi dari kekurangan nutrisi penting melalui proses yang dinamai penyelamatan otak, yang memastikan bahwa otak mendapatkan nutrisi penting sebelum organ-organ yang lain. Tetapi jika hal ini terus berlanjut akan menyebabkan kekurangan gizi, cara kerja otak juga akan berubah.

Kira-kira 1-1/2 liter darah mengalir melalui otak setiap menitnya – sambil membawa oksigen dan makanan penting untuk digunakan otak.

Hanya dengan gangguan selama 5 detik dalam darah dapat menyebabkan seseorang tidak sadar dan jika terjadi gangguan selama beberapa menit, otak akan mengalami kerusakan. Semakin banyak darah dan oksigen dalam otak tampaknya dapat meningkatkan kegiatan intellektual.

Secara singkat, otak terdiri dari tiga komponen utama.

Batang otak berfungsi sebagai kabel, yang bertugas membawa informasi keseluruh tubuh. System diatas disebut limbic system. Baik belajar dan perilaku motivasi berada di system ini. Cortex menutupi otak dan area yang mengontrol kecerdasan dan aktivitas mental. Disinilah, anda membuat keputusan dan merumuskan logika.

Cortex dibagi menjadi dua bagian, setiap bagian memiliki kecendrungan jenis informasi yang dapat diproses. Dua bagian ini dihubungkan dengan ratusan ribu saraf-saraf kecil yang disebut corpus callosum.

Bagian yang paling sering menjadi perhatian dalam beberapa tahun terakhir ini telah menekan kedua bagian ini yang biasa disebut otak kiri dan otak kanan.
[dilanjutkan di Part II]



By Lee Say Keng, KNOWLEDGE ADVENTURER & TECHNOLOGY EXPLORER
Optimum Performance Technologies
Translated by SUPER BRAIN INDONESIA