Rabu, 31 Maret 2010

KETRAMPILAN BELAJAR ABAD 21 BAGI PARA PELAJAR MASA KINI

Mata Pelajaran utama
- Bahasa Inggris
- Bahasa dunia lainnya
- Kesenian
- Matematika
- Ekonomi
- Ilmu Pengetahuan Alam
- Geografi
- Sejarah
- Pemerintahan dan Kewarganegaraan

1. Kesadaran Global
Menggunakan ketrampilan abad 21 untuk memahami dan mengatasi masalah-masalah global.

Belajar dari dan bekerja sama dengan orang-orang yang mewakili berbagai macam budaya, agama dan gaya hidup dengan semangat saling menghargai dan keterbukaan diantara sesame, baik dalam lingkup kerja dan komunitas.

Memahami Negara lain dan kebudayaannya, termasuk Negara yang tidak menggunakan bahasa inggris.

Para pelajar akan menguji bagaimana urbanisasi dan perluasan pinggir kota telah mengakibatkan populasi hewan local dan habitat mereka.
Sebuah diskusi tentang bagaimana penebangan hutan, pemburuan, dan perdagangan hewan liar telah berkontribusi pada kepunahan dari spesies akan membuat para pelajar membuat koneksi global.


2. Kreatifitas dan Inovasi
Menunjukan oraginalitas dan penemuan baru dalam pekerjaan.

Mengembangkan, mengimplementasikan dan mengkomunikasikan ide-ide baru kepada yang lain.

Selalu terbuka dan menerima pandangan baru dan berbeda.

Dengan menguraikan pandangan yang berbeda-beda, para pelajar dapat mengetahui bagaimana mereka berdiri diatas pelestarian hewan dan habitatnya.

Para pelajar akan merancang sebuah proyek puncak yang mendukung perubahan dan akan menginformasikan bukti-bukti yang telah dipelajari kepada yang lain.


3. Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah
Berlatih menyuarakan pendapat untuk memahami

Membuat pilihan dan keputusan yang sulit

Memahami keterkaitan antar system

Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan mendasar yang memperjelas berbagai sudut pandang dan mengarah ke solusi yang lebih baik.

Mengkotak-kotakan, menganalisa dan menyatukan informasi untuk menyelesaikan masalah dan menjawab pertanyaan.

Ketika berkomunikasi dengan orang yang ahli dilapangan, para pelajar akan memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang paling signifikan untuk menjelaskan berbagai sudut pandang.


4. Komunikasi dan Kolaborasi
Mengutarakan pemikiran dan ide-ide secara jelas dan efektif melalui ucapan dan tulisan.

Menunjukan kemampuan untuk bekerja secara efektif dengan team yang berbeda-beda.

Melatih flexibilitas dan kesediaan untuk membantu dalam membuat kesepakatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama.

Mengasumsikan berbagi tanggung jawab agar dapat berkolaborasi dalam bekerja

Setiap pelajar akan diberikan kesempatan untuk bekerja dengan team yang berbeda dan akan diberikan tanggung jawab untuk bekerja sama.


5. Literatur Informasi
Mengakses informasi secara efisien dan efektif, mengevaluasi informasi secara kritis dan kompeten dan menggunakan informasi secara akurat dan kreatif untuk isu atau masalah yang dihadapi.

Memiliki pemahaman dasar mengenai isu-isu yang berkaitan dengan masalah etika/hukum melingkupi akses dan penggunaan informasi.

Sejak bermunculan berbagai macam pandangan mengenai penyelamatan hewan dan apa yang harus dilakukan manusia untuk menyelamatkan spesies hewan lainnya, para pelajar akan mendapatkan kesempatan untuk menilai informasi ketika mengatur penelitian mereka.

Isu-isu yang berkaitan dengan masalah etika/hukum melingkupi akses dan penggunaan informasinya akan menjadi bagian yang sangat pentinf dalam penelitian ini.


6. Literatur Media
Memahami bagaimana pesan media dapat dibangun, untuk tujuan apa dan menggunakan alat yang mana, karakteristik-karakteristiknya dan konvesi.

Memeriksa bagaimana individu menginterpretasikan pesan yang berbeda, bagaimana nilai-nilai dan sudut pandang yang disertakan atau tidak dan bagaimana media dapat mempengaruhi keyakinan dan perilaku.

Memiliki pemahaman dasar mengenai isu-isu yang berkaitan dengan masalah etika/hukum melingkupi akses dan penggunaan informasi.

Para pelajar harus mengenali bagaimana perbedaan kelompok-kelompok pelindung hak hewan menggunakan media untuk menyuarakan pesan mereka.

Dengan memeriksa pesan media, para pelajar akan mengenali bagaimana media dapat mempengaruhi kepercayaan dan perilaku.


7. Literatur Informasi, Komunikasi & Teknologi
Dengan menggunakan teknologi digital, alat komunikasi dan/atau jaringan yang tepat untuk mengakses, mengelola, menggabungkan, mengevaluasi, dan menciptakan informasi agar dapat berfungsi dalam sebuah pengetahuan ekonomi.

Menggunakan teknologi sebagai alat untuk penelitian, mengatur, mengevaluasi dan mengkomunikasikan informasi, dan yang memiliki pemahaman mendasar mengenai mengenai isu-isu yang berkaitan dengan masalah etika/hukum melingkupi akses dan penggunaan informasi.

Para pelajar akan menggunakan teknologi sebagai alat untuk penelitian. Dalam penciptaan proyek-proyek mereka, para pelajar akan menggunakan teknologi digital dan alat-alat komunikasi untuk mengakses, mengatur, mengintegrasi, mengevaluasi dan menciptakan informasi.


8. Kemampuan dalam Kehidupan dan Karir
Kehidupan saat ini dan lingkungan kerja memerlukan lebih dari ketrampilan berpikir dan pengetahuan. Kemampuan untuk mengarahkan hidup yang rumit dan lingkungan kerja yang kompetitif di era informasi global menyebabkan para pelajar harus membayar dengan perhatian yang ketat untuk mengembangkan ketrampilan hidup dan karir yang memadai.

Fleksibilitas dan Kemampuan beradaptasi

Ketika bekerja dalam sebuah kelompok, para pelajar akan beradaptasi dengan peran dan tanggung jawab yang berbeda-beda.

Para pelajar akan mengenali perubahan prioritas sebagai proyek puncak mereka yang dipaparkan.

Inisiatif dan mampu mengatur diri sendiri

Para pelajar akan memulai dengan informasi dasar tentang topic tersebut, kemudian mereka akan memperluas informasi tersebut untuk mengeksplorasi dan memperluas pembelajaran bagi diri mereka sendiri.

Mereka akan menggunakan kurikulum untuk menunjukan inisiatif untuk meningkatkan kemampuan mereka ke level professional.

Para pelajar akan menggunakan manajemen waktu untuk mengatur beban kerja mereka.

Sebuah komitmen untuk belajar seumur hidup akan jelas sebagai pelajar untuk menyelesaikan masalah menggunakan system kepercayaan mereka sebagus mereka menggunakan informasi baru yang mereka temukan.

Kemampuan social dan kemampuan antar budaya

Ketika para pelajar bekerja dalam kelompok, mereka akan mencontoh produktivitas kerja yang baik dan akan membantu sesama teman kelompok untuk meningkatkan kualitas kerja kelompok.

Produktivitas dan dapat bertanggung jawab

Sebagai pelajar yang membuat proyek-proyek puncak mereka, mereka akan menggunakan batas waktu untuk menetapkan dan memenuhi standart yang tinggi dan tujuan untuk memberikan kualitas kerja tepat waktu.

Para pelajar akan didorong untuk mempraktekan kemampuan ketepatan waktu dan dapat diandalkan selama proses tersebut.

Kepemimpinan dan Bertanggung jawab

Setiap pelajar akan bertanggung jawab untuk proyek tersebut dengan menggunakan kemampuan interpersonal dan kemampuan penyelesaian masalah untuk mempengaruhi dan menuntun orang lain mencapai tujuan yang sama.

Kekuatan setiap pelajar akan diakui sebagai bagian yang penting untuk mencapai tujuan bersama.




By Lee Say Keng, KNOWLEDGE ADVENTURER & TECHNOLOGY EXPLORER
Optimum Performance Technologies
Translated by SUPER BRAIN INDONESIA