Senin, 25 Januari 2010

MAXIMISING YOUR MEMORY


MENINGKATKAN DAYA INGAT

Apakah Anda mengalami kesulitan dalam mengingat nama dan wajah, nomor telepon dan juga alamat orang lain? Bahkan mengalami kesulitan dalam mengingat daftar belanja yang sederhana? Apakah Anda berharap untuk mempunyai daya ingat yang lebih baik? Jika iya, lanjutkan lah membaca artikel ini.

Ini adalah bagian pertama dari kiat-kiat bagaimana memaksimalkan daya ingat Anda.


Para ilmuwan pada umumnya setuju bahwa meningkatkan daya ingat merupakan hal yang mungkin untuk dilakukan, tapi tidak dapat dilakukan dalam sehari tanpa komitmen dan pelatihan daya ingat yang efektif.

Di bagian pertama dari artikel ini, saya akan meneliti bagaimana otak memproses dan menyimpan informasi, dan di bagian kedua, saya akan menjabarkan beberapa variasi teknik yang digunakan untuk meningkatkan daya ingat Anda.

Sebagai permulaan, harus digarisbawahi bahwa kepintaran adalah kemampuan untuk mempelajari sesuatu. Proses pembelajaran adalah kemampuan menerima data-data dan fakta-fakta baru dan memproses fakta dan data ini menjadi suatu informasi. Daya ingat adalah kemampuan Anda untuk mempertahankan dan memanggil kembali data atau informasi yang Anda simpan di otak Anda. Tanpa daya ingat, tentu saja tidak akan ada proses pembelajaran ataupun tingkat kecerdasan.

Para ilmuwan beberapa tahun terakhir ini telah melihat bahwa terjadi perubahan-perubahan kimia dan elektrik dalam sel-sel otak pada saat proses pembelajaran dan pada saat penyimpanan memori.

Dengan mempelajari hal-hal baru dan menggunakan kemampuan intelektual Anda dengan lebih efisien, Anda secara tidak langsung telah merubah properti fisik otak Anda. Perubahan ini bisa terjadi kapanpun tak tergantung pada berapa usia Anda!

Pusat Kontrol

Para pakar percaya bahwa apa yang kita alami disimpan di system syaraf pusat. Otak merupakan hal yang paling penting dari system saraf pusat Anda – ibaratnya seperti kapten dari suatu organisasi.Salah satu fungsi utama dari system saraf pusat adalah komunikasi baik internal maupun eksternal. Signal-signal yang mengirimkan informasi di dalam otak adalah signal elektrik dan kimia. Pesan elektrik-kimia bertanggungjawab atas aktifitas fisik dan mental Anda. Daya Ingat hanyalah salah satu dari aktivitas mental, dan berpikir adalah aktivitas yang lain.

Bagian terbesar dari otak dinamakan “cerebrum” atau otak besar. Otak besar terbagi menjadi dua yakni otak kiri dan otak kanan. Secara umum dua bagian otak besar mempengaruhi dua operasional yang berbeda. Otak kiri berhubungan dengan hal-hal yang berkaitan dengan analisa, kalkulasi, bahasa, topic, fakta dan angka. Otak kanan berhubungan dengan seni, warna, imajinasi, musik dan nada.

Otak dan syaraf Anda mempunyai fungsi-fungsi dasar: membantu Anda untuk beradaptasi dengan perubahan baik di dalam maupun diluar tubuh Anda. Sistem syaraf Anda akan meneruskan ke tahapan proses data yang berkaitan ke pancra indra Anda.

Bagaimana Proses Ingatan Terjadi & Apa yang harus dilakukan untuk Meningkatkan Daya Ingat

Kita bergantung pada memori kita untuk membantu kita melewati hari demi hari. Kepingan informasi yang kita gunakan disimpan di ingatan kita seperti sistem filling. Namun informasi tersebut harus ditata dengan baik supaya dapat digunakan pada saatnya.

Para ilmuwan menyatakan bahwa ada tiga tahapan memori, yakni:

- Memori sensori
- Memori Jangka Pendek
- Memori Jangka Panjang

Panca indra Anda akan secara otomatis atau berkelanjutan mengumpulkan data, walaupun Anda tidak menyadarinya pada saat itu juga. Memori sensori mencatat informasi atau stimulus yang masuk melalui salah satu atau kombinasi dari panca indera yaitu secara visual melalui mata, pendengaran melalui telinga, bau melalui hidung, rasa melalui lidah, dan rabaan melalui kulit.

Anda melihat halaman ini, mendengar latar belakang suara yang berbeda-beda, menyentuh keyboard. Anda mungkin mencium harum parfum atau kopi. Data-data ini hanya disimpan dalam waktu yang tidak lama kira-kira satu atau dua detik lamanya.

Data yang penting bagi Anda akan langsung Anda pindahkan dan simpan di memori jangka pendek untuk diproses lebih lanjut. Sekarang, ambil buku telepon dan pilih sembarang nomor. Tutup buku tersebut dan tanpa melihat nomor-nomor tersebut, cobalah untuk mengingatnya. Apakah Anda lupa akan angka tersebut? Nomor telepon tersebut mungkin saja dapat Anda ingat karena dalam hal ini Anda menggunakan memori jangka pendek Anda. Memori jangka pendek Anda hanya dapat memuat tujuh keping informasi (kurang tambah dua lagi tergantung dari mood Anda). Kecuali Anda mengulang kembali apa yang Anda berusaha ingat, data tersebut biasanya akan terlupakan dalam tempo waktu kurang dari satu menit. Sistem penyimpanan sementara Anda terpakai pada saat, misalnya Anda berusaha mengingat apa yang dikatakan seseorang pada Anda beberapa waktu yang lalu. Kapasitas kecil Anda dalam “memori yang sedang bekerja” memainkan peran yang penting dalam pemahaman Anda pada sesuatu hal.

Cobalah untuk mengingat kembali sebanyak mungkin yang Anda bisa. Coba ingat kembali suatu hal yang Anda paling ingat sepanjang hidup Anda. Pada saat tersebut Anda menggunakan memori jangka panjang. Kebalikan dari memori jangka pendek, kapasitas memori jangka panjang Anda sangat berbeda jauh. Secara normal, memori jangka panjang memuat jumlah fakta-fakta dan pengalaman yang banyak jumlahnya. Anda dapat mengingat kembali informasi beberapa tahun yang lalu tanpa perlu bersusah payah untuk mengingatnya kembali.

Ada beberapa tahap yang dilalui oleh suatu informasi untuk sampai ke memori jangka panjang. Pada saat Anda mengingat sesuatu, otomatis informasi tersebut masuk ke memori jangka pendek. Setelah beberapa waktu, jika Anda beruntung, informasi tersebut akan ditransfer ke memori jangka panjang dan bertahan untuk waktu yang lama. Ini adalah scenario yang ideal. Pada kenyataannya, Anda akan melupakan informasi tersebut karena Anda terlalu memenuhi memori jangka pendek Anda. Sehingga, informasi tersebut tidak ditransfer ke memori jangka panjang.

Dengan beberapa teknik manajemen memori, beberapa informasi dapat masuk ke rute memori jangka panjang. Oleh karenanya, lebih mudah untuk mempelajari informasi dengan menggunakan memori yang sudah terlatih.

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa pikiran kita dapat memetakan memori setidaknya tiga kali lebih cepat daripada apa yang dapat dilihat oleh mata kita. Kita dapat melakukan pencarian sebanyak 25-30 digit per detik. Memori jangka panjang, dipercaya oleh para ilmuwan, diatur sedemikian rupa seperti kamus. Kata-kata yang mempunyai arti yang hampir sama akan secara otomatis disimpan dalam otak yang berdekatan letaknya satu sama lain. Fakta membuktikan bahwa kita dapat mengenali atau menyatakan suatu kata apabila arti dari kata tersebut berkaitan maknanya dengan kata yang sedang kita berusaha ingat, seperti Apple dan computer – dibandingkan jika kita mengingat Appel dan helicopter. Satu penjelasan yang masuk akal mengenai mengapa memori jangka panjang disimpan seperti cara diatas adalah pada saat kita mengingat suatu kata yang berasal dari memori jangka panjang, secara temporer meningkatkan aktifitas syaraf pada lokasi-lokasi yang berdekatan dengan kata yang terdekat. Sekarang Anda bisa melihat kenapa “mind-mapping”, yang berdasarkan pada asosiasi tertentu dengan informasi yang berada di otak kita begitu efektif dalam membantu meningkatkan memori kita.

Tapi bagaimana merubah memori jangka pendek menjadi memori jangka panjang? Tidak ada yang tahu secara pasti mengenai hal tersebut, namun ada beberapa petunjuk.


Proses penyimpanan data dalam otak kita memerlukan tiga tahapan kegiatan yaitu:


- Regristrasi: otak kita harus menerima data dari panca indera kita
- Menyimpan: data atau informasi yang telah diproses harus disimpan di memori jangka pendek ataupun memori jangka panjang
- Memanggil Kembali: kita harus mampu untuk mengingat kembali informasi tersebut pada saat kita menginginkannya

Emosi dan Perasaan Mempengaruhi Daya Ingat Anda

Para ilmuwan sudah mengetahui bahwa emosi memainkan peran yang sangat penting dalam proses mengingat. Dr. Paul MacLean, ahli otak dari National Institute of Mental health di Washington D.C, mendasarkan sebuah model otak berdasarkan penelitiannya pada perkembangan evolusi beberapa spesias dari dinosaurus sampai manusia.

Otak yang pertama disebut otak batang atau otak reptil. Seringkali disebut juga “Otak Dinosaurus”. Sebagai bagian yang paling dasar dari otak kita, otak bagian ini mengatur pertahanan diri, kepemilikan dan pertahanan diri. Fungsi biologis dan fisik dari tubuh kita dikoordinasikan oleh bagian ini.

Otak tengah atau “otak mamalia” terbungkus di sekitar bagian atas dan sisi-sisi system limbik, yang berkaitan dengan proses-proses yang berhubungan dengan emosi. Hubungan sosial dan kekeluargaan dan rasa melindungi dikoordinasikan di area ini.

Bagian ketiga dari peta otak menurut Dr Maclean disebut neokorteks. Bagian ini terletak dibagian atas dari otak kita di kedua sisi dan terletak di sekeliling system limbik. Di bagian otak inilah sebagian besar dari aktifitas mental diproses. Pengetahuan tentang batas dan ruang dan matematika, bermimpi dan mengingat, memetakan sensor informasi merupakan fungsi-fungsi yang dilakukan di area ini. Dr MacLean mengemukakan bahwa terjadi “proses komunikasi” diantara ketiga otak tersebut, dimana kerjasama diantara ketiga area ini melancarkan proses pembelajaran dan tingkah laku yang lebih memuaskan.

Menurut Peter Kline, pengarang buku “The Everuday Genius” dan “School Success”, pada saat kita mempelajari materi yang sulit yang tidak kita minati, itu terjadi karena kita tidak melibatkan system limbic dan neokorteks bekerja sama dalam proses pembelajaran itu. Makanya sering sekali timbul kesulitan untuk mengingat apa yang kita pelajari – dikarenakan kita tidak mempunyai perasaan yang kuat mengenai hal tersebut.

Peter Kline mengatakan bahwa jika Anda ingin belajar dengan baik, carilah sesuatu yang menarik dalam materi yang sedang Anda pelajari dan membuat Anda senang dan tertarik dalam mempelajari hal tersebut. Setiap subjek yang Anda pelajari pasti memiliki hal yang menarik minat Anda, hanya jika Anda menginginkannya. Anda mungkin harus menggunakan imajinasi Anda untuk menemukan bagian yang menarik atau menakjubkan dari materi yang sedang Anda pelajari, Anda akan menemukan banyak sekali kemudahan untuk mempelajari hal tersebut dan juga mengingatnya.

Anda akan mengerti mengenai materi yang Anda pelajari dengan lebih baik jika Anda terlibat secara pribadi di dalamnya. Apa yang Anda rasakan pada materi yang sedang Anda pelajari? Dengan melibatkan reaksi personal kedalam pembelajaran Anda, pastinya akan menjadi lebih mudah diingat untuk jangka waktu yang lama. Karena secara natural, manusia akan lebih mudah mengingat hal yang mereka rasakan menarik baginya.

Mengetahui Konsep Memori Anda

Terdapat banyak perbedaan mendasar pada cara –cara seseorang menterjemahkan informasi yang mereka dapatkan. Pada saat kita meneruskan informasi yang diterima melalui ketiga tahapan memori yang diutarakan sebelumnya diatas, terdapat perbedaan pada penerimaan individual pada informasi tersebut, tergantung pada informasi mana yang sensitive atau mewakili apa yang mereka rasakan. Perbedaan ini terjadi dikarenakan perbedaan pengalaman dalam hidup seseorang, caranya mengingat dan mengkomunikasikan pengalaman ini kepada orang lain. Seperti pada saat orang memiliki citra rasa yang berbeda pada tipe musik atau makanan yang disukai, hal ini dikarenakan perbedaan sensor yang mereka kehendaki lebih banyak. Beberapa orang menaruh perhatian lebih pada apa yang mereka lihat; hal tersebut dikarenakan mereka lebih mengingat informasi yang bersifat visual. Sedangkan yang lain lebih menangkap apa yang mereka dengar & beberapa orang yang lain mudah untuk mengingat runutan kejadian-kejadian, pergerakan atau apa yang sedang mereka lakukan

Penglihatan, suara dan aktivitas gerak kita dapatkan dengan menyentuh, yang disebut dengan kinestetik, adalah beberapa tipe memori yang kesemuanya memiliki peran yang sama dalam kejelasan, akibat dan nilai. Kebanyakan orang menggunakan ketiga konsep sensor ini, tapi yang paling efektif dari ketiga konsep sensor ini berbeda dari satu orang ke orang lainnya. Walaupun seseorang kebanyakan mengkategorikan dirinya ke kategori visual, auditori atau kinestetis, namun pada prakteknya kebanyakan memformulakan memori sebagai kombinasi dari dua konsep, seperti visual-auditori, kinestetik-visual, atau auditori-kinestetik.

Pada saat Anda menghadiri seminar, apa yang Anda ingat: pengaturan ruangan yang Anda lihat, makanan yang Anda makan, aktifitas yang Anda ikuti, atau suara-suara yang Anda dengar? Setelah Anda yakin apa konsep memori yang paling kuat dalam diri Anda, Anda harus mencerna informasi yang Anda dapat menggunakan metode itu. Sebagai contoh, jika Anda masuk dalam kategori visual, Anda dapat mengekspresikan pengalaman dan ide Anda melalui sketsa, gambar atau catatan kecil. Jika Anda masuk dalam kategori auditori, Anda bisa langsung memasukan informasi yang sangat penting ke dalam panca indra pendengaran melalui pembicaraan atau musik.

Cara lain untuk menajamkan daya ingat Anda adalah untuk belajar menggunakan konsep diluar konsep terkuat Anda. Mencoba untuk menjamkan daya ingat melalui konsep lain diluar konsep terkuat Anda, akan membantu Anda untuk membangun sensitifitas baru yang dapat membantu Anda pada saat Anda berusaha mencerna informasi lain. Setelah mencerna informasi melalui konsep yang terkuat, cobalah menggunakan konsep yang lain untuk memperkaya daya ingat kita dalam mengingat informasi tersebut.

Memanage Memori Anda

Dalam bagian ini akan dijabarkan mengenai 20 strategi dan teknik untuk memanage Memori Anda. Dengan strategi dan teknik ini, Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk merubah memori jangka pendek menjadi memori jangka panjang. Intinya diperlukan motivasi dan latihan.

1. Percaya Diri: Orang yang menganggap dirinya memiliki memori yang buruk biasanya akan benar-benar memiliki memori yang buruk dikarenakan kurangnya percaya diri dalam mengingat sesuatu. Seharusnya mereka berfikir: Saya dapat mengingatnya & dan Saya akan mengingatnya.” Hindari pemikiran seperti “Saya tidak dapat mengingatnya,” karena otak Anda selalu mendengarkan apa yang Anda katakana.

2. Munculkan rasa ketertarikan: Hal ini dapat membantu Anda untuk mengingat sesuatu pada saat Anda tertarik untuk mengingat sesuatu yang Anda ingin ingat. Sulit untuk mempelajari sesuatu jika Anda tidak tertarik untuk mengingatnya. Menurut Richard Saul Wurman, ahli desain informasi, sebelum proses pembelajaran terjadi, haruslah terlebih dahulu dimunculkan rasa ketertarikan.

3. Berikan Perhatian: Menurut pendapat saya, perhatian yang kurang merupakan masalah terbesar dalam manajemen memori. Untuk informasi yang berada di memori yang sedang bekerja untuk dipindahkan ke dalam memori jangka panjang, semua tergantung pada berapa dalamnya Anda memberikan perhatian pada informasi tersebut. Sebagai contoh, membaca adalah satu proses yang melebihi hanya sekedar melihat kata-kata: Anda harus juga mengetahui bahwa kata-kata tersebut memiliki arti. Pembelajaran mustahil dilakukan apabila perhatian Anda berkeliaran kemana-mana. Setelah proses pembelajaran berlangsung 15 sampai 45 menit, kebanyakan orang tidak dapat lagi menerima informasi. Karenanya, Anda harus mengambil istirahat lima sampai sepuluh menit untuk memulihkan kembali stamina untuk belajar.

4. Mengerti: Mempelajari sesuatu berarti mengerti akan hal tersebut. Anda tidak bisa mengingat sesuatu yang Anda belum pernah tahu. Jika Anda tidak mengerti sesuatu, tanyakan lah kepada seseorang untuk menjelaskan mengenai hal tersebut dan Anda pelajari kembali penjelasan tersebut.

5. Jadikan pribadi dan berarti: Biasanya pada saat kita memberikan perhatian pada sesuatu yang berkaitan dengan hal yang pribadi yang terjadi pada diri kita. Hampir semua pengalaman dapat dibuat berkaitan dengan Anda dalam beberapa cara. Pada saat Anda belajar, buatlah kaitan antara materi & hal-hal, kejadian, orang, ide, ataupun tujuan yang berarti bagi Anda. Kesemuanya haruslah bersifat pribadi. Dalam hal bisnis, temukan dimensi apakah dari informasi tersebut ada yang berkaitan dengan aktifitas Anda. Bayangkanlah sesuatu hal tersebut yang dapat anda aplikasikan dalam kehidupan Anda sekarang ataupun masa depan.

6. Organisasikan: Memori yang baik seperti halnya system filling yang terorganisir. Informasi yang disimpan secara terorganisasi akan membuat informasi itu tidak mudah dilupakan. Organisasikan segala sesuatunya menurut prioritas sehingga mempermudah kita untuk mengingatnya. Sebelum memulai hari kita atau suatu pekerjaan, pikirkan terlebih dahulu tahapan-tahapan yang harus dilakukan. Lakukan menurut urutan prioritas, namun jika ada pekerjaan atau hal yang membosankan menurut Anda, usahakan untuk melakukan hal tersebut pertama kali. Karena Anda biasanya tidak akan lupa hal-hal yang Anda senangi.

7. Bayangkan: Anda harus mencoba untuk membayangkan apapun yang ingin Anda lakukan dalam pikiran Anda sebelum Anda memulai melakukan hal tersebut. Semakin sering Anda memvisualisasikan atau membayangkan apapun sebelum melakukannya, memori Anda akan meningkat lebih cepat pastinya. Gambaran visual atau bayangan merupakan alat yang sangat kuat untuk meningkatkan daya ingat kita. Pada saat Anda dapat mengekspresikan ide-ide Anda ke dalam kata-kata, Anda telah menempatkan hal tersebut ke otak kiri Adnda. Jika Anda bisa menciptakan gambaran & suara dari gambaran tersebut, Anda akan menempatkan materi tersebut ke otak kanan Anda juga.

8. Kategorikan: Sebagai contoh, daftar belanjaan akan dengan mudah diingat apabila Anda menggunakan kategori produk, seperti “susu”, “daging”, “makanan kaleng”.

9. Pecahkan menjadi bagian yang kecil: Sebagai contoh, jika Anda harus mengingat nomor telepon, pecahkan ke beberapa bagian. Contohnya nomor 62-65698723 akan lebih mudah diingat jika dipecahkan menjadi 62-6569-8723.

10. Rubah menjadi seperti sajak: Jika Anda berusaha mengingat sesuatu dengan menjadikannya sebuah lagu atau sajak, Anda akan lebih mudah mengingatnya. Hal ini dikarenkan musik melibatkan otak kanan dimana emosi dan perasaan diatur.

11. Pelajari dan Pelajari: Semakin kita mempelajari dan mempelajari sesuatu, akan membuat kita lebih mengingat apa yang kita pelajari. Biasakanlah untuk merevisi materi yang telah Anda pelajari. Bahkan Anda sudah merasa Anda sudah bisa, teruskan lagi untuk mempelajari materi tersebut.

12. Kaji Ulang: Menurut penelitian belakangan ini, pada saat Anda mengkaji ulang, Anda memperkuat koneksi dan asosiasi dari sel-sel di dalam otak Anda. Dikarenakan pertama kali penggabungan informasi dari memori jangka pendek ke jangka panjang diestimasikan berlangsung pada sepuluh menit pertama, sehingga pengkajian ulang yang pertama harus dilakukan sepuluh menit setelah Anda selesai belajar. Pengkajian ulang secara terus menerus harus dilakukan setelah pembelajaran selesai untuk memaksimalkan penggabungan tersebut.

13. Suarakan dengan lantang: Cara untuk mengkaji ulang adalah menggunakan suara Anda dan dengan menggunakan suara yang lantang pada materi yang ingin Anda ingat. Penelitian membuktikan bahwa dengan menggunakan suara Anda, akan menstimulasi memori Anda. Suara bising dapat menggangu pada saat anda mengingat sesuatu yang masuk kedalam memori jangka pendek, jadi pastikan suasana yang hening pada saat Anda mau mempelajari sesuatu yang baru.

14. Ingat Kembali setiap hari: semakin sering Anda menggunakan otak Anda untuk mengingat suatu informasi, semakin efisian otak Anda.

15. Lakukan Latihan: Pada saat diberikan instruksi ataupun perintah, latihlah dengan keras apa yang telah dikatakan atau ditulis. Hal ini akan membantu untuk membuat tahapan-tahapan dalam otak anda menjadi lebih jelas dan anda akan dapat mengingat dengan lebih baik. Salah satu teori mengapa hal ini dapat berlaku adalah karena otak kanan kita digunakan untuk memori suara dan otak kanan untuk memori verbal. Dengan melihat instruksi dan kemudian mengulanginya dengan keras, keseluruhan otak dipekerjakan untuk mengingat hal tersebut.

16. Buat Kaitan: kunci keberhasilan memori adalah untuk menciptakan variasi dalam memacu memori – petunjuk-petunjuk mental dan fisik yang akan membantu anda untuk menarik informasi yang benar dari ingatan Anda. Pada saat Anda belajar, anda secara aktif menciptakan kaitan yang dapat membantu anda untuk mengingat materi yang diinginkan. Dalam pekerjaan, pada saat anda dikenalkan pada orang lain, buat gambaran cepat dalam otak Anda mengenai orang tersebut sehingga anda akan lebih mudah dalam mengingatnya, sebagai contoh: Nama orang tersebut adalah “Donald Tay” nama tersebut dapat diasosiasikan dengan “Donald Duck”. Dengan mengulang kembali nama orang setelah Anda dikenalkan juga dapat membantu, atau menanyakan asal nama dari orang tersebut juga dapat membantu. Rencanakan atau cari cara untuk bisa mengingat nama orang tersebut di lain kesempatan jika bertemu.

17. Rasakan atau Kenali: Kita mengumpulkan informasi melalui panca indera kita. Pada saat Anda berusaha mengingat sesuatu, peka lah pada bagaimana wanginya, suaranya dan kelihatannya, apabila hal tersebut mungkin untuk dilakukan.

18. Rangkaikan ke dalam sebuah cerita: Seandainya Anda mau mengingat daftar belanjaan Anda yang terdiri dari roti, telur, tepung dan jus jeruk. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah bayangkan sebuah roti besar terbuka dan telur berjatuhan dari dalam roti dan masuk ke dalam tepung terigu di lantai. Kemudian gambarkan satu pitcher jus orange dituangkan kedalam kantung terigu. Setiap barang sebisa mungkin dibuatkan gambarkan yang tidak biasa.

19. Buatkan Lokasi: Bayangkan Anda mau mengambil beberapa hal berikut ini: mengambil baju dari laundry, memposkan surat ke kantor pos dan berhenti untuk membeli beberapa roti. Gambarkan ruang tamu Anda dengan baju di lengan kursi, surat di meja kopi dan roti di sofa. Hal yang sama berlaku pada saat Anda mau berpidato di depan group bisnis. Anda bisa membayangkan dan mengkaitkan isi pidato Anda dengan barang-barang di ruang tamu Anda.

20. Lengkapi: Alat-alat untuk mendukung meningkatkan memori mungkin bisa menjadi alat yang sangat berharga bagi orang yang sangat sibuk. Contohnya seperti agenda harian, buku jadwal, kartu-kartu catatan, kartu nama, piranti untuk database nama-nama kontak. Kunci dari alat-alat pendukung ini adalah konsisten dan menggunakan cara yang sistematis.

Sebagai penutup dari artikel ini, biasakan untuk berlatih secara berkala dan carilah cara untuk menimbulkan perasaan senang dan santai. Menurut para ahli, stress merupakan musuh nomor satu bagi memori yang baik. Untuk menimbulkan perasaa senang dan santai, putarkan lagu-lagu yang menenangkan, lakukan latihan pernafasan dan lakukan relaksasi, dsb. Bagi Anda yang selalu berusaha keras untuk melakukan yang terbaik, mungkin bisa membantu jika Anda tidak berusaha terlalu keras.


By Lee Say Keng, Knowledge Adventurer & Technology Explorer, Optimum Performance Technologies
Translated by SUPER BRAIN INDONESIA