Selasa, 26 Januari 2010

THE ART & DISCIPLINE OF REVISION STRATEGY


SENI & DISIPLIN DARI STRATEGI PERBAIKAN

Sebagian besar siswa, pada saat mereka mencapai tingkat Sekolah Menengah Atas dan berencana untuk masuk kuliah, sering terlihat menyerah dan menganggap belajar itu membutuhkan kerja keras. Akan tetapi hal itu tidak perlu berakhir seperti itu, jika mereka mengerti – dan belajar untuk menghargai – bahwa belajar bukanlah hanya sebuah langkah.

Belajar pada dasarnya adalah sebuah proses sistematis, dimana terdapat sepuluh tahap atau langkah yang saling berhubungan. Seperti menetapkan tujuan dan mengatur prioritas, menggunakan sistem membaca yang interaktif, pengumpulan informasi annotative, membuat catatan dan menulis catatan dengan kata-kata yang mudah dimengerti, mengatur daya ingat, mengulang kembali pelajaran dirumah, persiapan ujian, menulis cerdas (memahami dan mampu menyelesaikan pertanyaan dalam ujian), dan mengatur stress atau mengatur energi.

Dari kesepuluh langkah strategi, tahapan yang paling penting adalah mengulang pelajaran kembali dirumah, dimana hal tersebut harus didukung oleh siswa itu sendiri selama tahun pelajaran berlangsung. Saya sangat percaya bahwa tahapan ini akan memberikan dampak yang sangat bagus bagi para pelajar, khususnya pada saat mengerjakan ujian akhir.

Secara alami, dengan seringnya mengulang pelajaran dirumah sama seperti menyiapkan perlengkapan bagi pelajar itu sendiri. Karena pada umumnya banyak pelajar mengulang pelajarannya dirumah ketika ujian sudah dekat. Ini mungkin akan menjelaskan mengapa, jika tahapan ini sering tidak diatur dengan baik – dan berkelanjutan – yang dilakukan oleh para pelajar, maka performa akademik yang buruk akan menjadi satu-satunya pilihan.

Selama dua belas tahun terakhir, saya telah bekerja sama dengan banyak pelajar berprestasi (termasuk dengan pelajar MBA), dan melihat dari penelitian saya sendiri dan belajar dari pengalaman, saya telah berhasil mengumpulkan dan menganalisa beberapa alat dan petunjuk-petunjuk yang praktis, seperti yang ditunjukan dalam komponen-komponen berikut ini, untuk membantu para pelajar mempersiapkan belajar yang efektif/strategi mengulang pelajaran:

1) MENGULANG PELAJARAN SEHARI-HARI

2) SEGERA LAKUKAN PENGULANGAN PELAJARAN DI RUMAH

3) LAKUKAN PENGULANGAN PELAJARAN SECARA BERKALA DI RUMAH

4) BERI JANGKA WAKTU & JALANKAN SECARA TERATUR PENGULANGAN PELAJARAN DI RUMAH

5) LAKUKAN PENGULANGAN PELAJARAN SECARA MENYELURUH DI RUMAH

Sebelum saya mengemukakan berbagai macam cara dan petunjuk, saya akan memberitahukan bahwa persiapan untuk mengulang pelajaran selalu harus dimulai dari hari pertama anda memulai tahun pelajaran.

Untuk pelaksanaanya, mengulang pelajaran sebenarnya adalah sebuah tugas yang mudah, lakukanlah seperti sebuah seni, tetapi tetap membutuhkan disiplin dari para pelajarnya untuk membuat usaha itu berhasil.

1) MENGULANG PELAJARAN SEHARI-HARI

Semua pelajar dibebani dengan waktu belajar atau jadwal pelajaran dari guru mereka, yang biasanya diberikan pada waktu awal tahun pelajaran. Para guru akan sering mengambil kesempatan untuk memberikan garis besar pelajaran yang akan dibahas begitu juga dengan jadwal ujiannya. (jika hal yang terakhir ini tidak tersedia, anda akan dengan mudah mencarinya di website departemen pendidikan)

Pada awalnya, gunakanlah informasi ini untuk menyusun rencana untuk mengulang pelajaran dari hari pertama. Salah satu cara terbaik adalah dengan menggabungkan jadwal pelajaran dengan jadwal pribadi anda.

Komponen awal ini terdiri dari tiga segmen utama:

SEBELUM MASUK KELAS

Pada hari atau malam sebelum anda masuk kelas, dan memulai untuk sebuah pelajaran untuk pertama kalinya, cobalah untuk membaca bab pertamanya terlebih dahulu. Siapkanlah pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bab pertama yang tidak anda mengerti.

Jika anda tahu untuk membuat catatan visual (catatan dengan kata-kata mudah dan dimengerti oleh anda), siapkanlah diagram yang masih kasar (atau nota otak, menggunakan petunjuk dari Tony Buzan), dan bawalah itu semua kedalam kelas.

Dalam sesi berikutnya, teruslah membaca/meninjau ulang bab yang akan dipelajari terlebih dahulu, dan kemudian buatlah kata-kata kunci, sebelum memulai bab baru. Selalu ulangi proses tersebut

SELAMA DI KELAS

Persiapkanlah semua perlengkapan tulis anda. Taruhlah diagaram kasar anda atau nota otak didepan anda, termasuk pertanyaan-pertanyaan yang sudah anda siapkan, jika ada.

Perhatikan dan dengarkan dengan baik selama dikelas. Seringkali guru anda akan memberikan petunjuk-petunjuk kecil tentang contoh pertanyaan-pertanyaan yang akan muncul dalam ujian, tetapi anda tetap harus tetap memperhatikan dan mendengarkan dengan baik untuk melihat dengan jelas ‘kata-kata signal’ dari guru anda

Beberapa contoh ‘kata-kata petunjuk’ yang sering digunakan oleh para guru seperti:

“Coba perhatikan dengan baik bagian berikut ini..”
“Bagian ini sangat penting..”
“Ini adalah bagian paling penting dari..”
“Kalian diharapkan dapat mengingat bagian ini..”
“Tolong catat ulang bagian ini..”

Siapkan pertanyaan anda dan tanyakanlah sewaktu dikelas. Catatlah apa yang dijelaskan oleh guru anda dan juga dari pengamatan anda sendiri. Juga, catatlah diskusi anda dengan teman kelas anda, jika ada. Ambilah – dan buatlah catatan di dalam diagram kasar anda atau nota pikiran.

Saran: sebagai prioritas, selalu perhatikan konsep fundamental yang diuraikan oleh guru anda di kelas. Anda harus mengembangkan disiplin pada diri anda untuk mencapai pemahaman yang mendalam – dan memahami betul – pada konsep tersebut. Ketika anda telah mengusai dengan baik konsep tersebut, detail-detail lain yang membantu konsep tersebut akan dengan mudah anda mengerti. Ingatlah fakta-fakta dan detail yang berkaitan dengan konsep tersebut, hingga seperti potongan-potongan kue untuk anda.

Ketika guru anda menguraikan langkah demi langkah untuk menerapkan sebuah konsep atau teori atau cara untuk menyelesaikan masalah, ambilah contoh dari matematika atau fisika, di papan tulis, anda harus mengikuti setiap langkah untuk mencapai solusi akhir. Sebagai tambahan, catatlah semua langkah-langkah tersebut kedalam catatan anda. Jika ada poin yang masih tidak anda mengerti pada saat itu, anda harus segera menanyakannya untuk segera mendapat penjelasan atau elaborasi dari guru anda.

Kemudian, cobalah untuk berlatih menyelesaikan pekerjaan sekolah anda dirumah.

SESUDAH KELAS

Cobalah untuk mengingat kembali semua catatan anda dengan membacanya sekali lagi semua ide-ide penting atau konsep yang diberikan guru kelas anda. Pikirkanlah semua kemungkinan dan/atau hubungan antara ide-ide atau konsep yang berbeda.

Terapkan dan cobalah untuk mempraktekan tehnik mengingat yang anda miliki untuk mengingat semua kata-kata kunci. Sebagai contohnya, singkatan mejikuhibiniu mewakili urutan semua warna pelangi. Cobalah periksa kembali apakah ada tugas membaca, dan/atau penelitian lain dan/atau tugas dirumah.

Jika perlu, gambar ulang masing-masing diagram bab atau nota pikiran, dan pikirkan kembali mengenai informasi baru yang diterima selama dikelas dan/atau penjelasan dari guru anda.

Akhirnya, simpan semua diagram anda sesuai bab-nya.

2) SEGERA LAKUKAN PENGULANGAN PELAJARAN DI RUMAH

Pada saat dirumah, sebelum tidur, cobalah untuk membaca pelajaran untuk esok harinya, mengulang semua pelajaran sekolah hari ini.

Menurut para ahli, jika hal ini tidak dilakukan dengan yang semestinya, 80% dari apa yang sudah anda pelajari hari ini, akan segera lupa!

Jika anda telah menyelesaikan bab diagaram, anda harus bisa untuk menjelaskan setiap kegiatan dalam waktu yang sangat singkat.

3) LAKUKAN PENGULANGAN PELAJARAN SECARA BERKALA DI RUMAH

Selanjutnya, sebagai tambahan, untuk segera melakukan pengulangan mata pelajaran, anda harus menjalankan sistem belajar secara berkala/ jadwal mengulang pelajaran, seperti berikut ini:

- setiap 7 hari;
- setiap 30 hari;
- setiap 90 hari;
- setiap 180 hari;

Saya akan menggambarkannya dalam sebuah contoh. Jika anda telah menyelesaikan mengulang pelajaran/belajar, katakanlah bab 2 dari pelajaran fisika anda, pada 2 januari, pada pengulangan pelajaran/belajar berikutnya akan dilakukan pada hari yang sama, sesuai dengan jadwal berikut ini:

- 7 hari kemudian : 9 januari
- 30 hari kemudian : 9 febuari
- 90 hari kemudian : 9 mei
- 180 hari kemudia : 9 november (*)

(*) mungkin anda memerlukan sedikit peringatan sebagai bagian untuk mengatasi persiapan tugas/pekerjaan untuk tanggal ujian akhir;

Sekali lagi, jika anda telah menyelesaikan diagram semua bab, anda harus bisa untuk menjelaskan setiap kegiatan dalam waktu yang singkat.

Didalam kerangkanya, ini hanyalah sebuah pengulangan – tetapi pengulangan adalah inti dari belajar!

Saran: gabungkan jadwal pengulangan pelajaran secara berkala ini kedalam buku harian anda atau organizer.

4. BERI JANGKA WAKTU & JALANKAN SECARA TERATUR PENGULANGAN PELAJARAN DI RUMAH

Ketika anda belajar/mengulang sebuah pelajaran, sebaiknya jangan lebih dari dua jam. Untuk membuat waktu belajar yang produktif, bagilah jadwal 2 jam belajar anda menjadi empat bagian, masing-masing 30 menit.

Dalam setiap bagian, habiskanlah 25 menit untuk berkonsentrasi, dan kemudian istirahat selama 5 menit untuk bersantai dan untuk mengingat poin utama; dan kemudian ulangi hal yang sama pada 3 bagian yang lainnya.

Dasar pemikiran dari pendekatan ini adalah: otak cenderung mengingat- dan mengingat ulang – fakta lebih baik pada awal dan akhir sesi belajar. Para ahli mengatakan ini keunggulan dari efek tersebut. Dalam waktu dua jam, para pelajar harus menciptakan empat sesi dari keunggulan efek tersebut

Jika anda ingin melanjutkan belajar/mengulang pelajaran, ambilah waktu istirahat beberapa saat sekitar 15 sampai 20 menit, sebelum memulai mata pelajaran baru. Ini memungkinkan otak mengisi energi kembali.

Jika anda telah menyelesaikan belajar/mengulang beberapa pelajaran, katakanlah sejarah atau geografi, dimana membutuhkan memory manajemen, terutama untuk fakta-fakta dan detail, pada mata pelajaran selanjutnya sebaiknya berbasis angka, seperti matematika atau fisika, dimana tidak membutuhkan daya ingat yang besar, tetapi lebih pada penyelesaian masalah

Demikian juga, ketika anda sedang belajar/mengulang pelajaran Biologi pada dua jam pertama, pada dua jam berikutnya bisa dihabiskan, misalnya dengan essay-tulisan Inggris atau menerjemahkan literature (Inggris atau Mandarin)

Para pelajar yang berprestasi paling sedikit menghabiskan waktu empat jam sehari untuk belajar/mengulang pelajaran dirumah.

5. LAKUKAN PENGULANGAN PELAJARAN SECARA MENYELURUH DI RUMAH

Ada empat tahapan didalam komponen pengulangan pelajaran:

TAHAP I: PERSIAPAN (3-4 minggu sebelum ujian akhir)

Pertama, agar tahapan ini dapat bekerja dengan baik, carilah beberapa kertas yang besar, pastikan berukuran sekitar 1,2 meter x 1,2 meter. Atau bisa juga menggunakan kertas pembungkus daging dan kertas Koran. Total yang dibutuhkan tergantung dari jumlah pelajaran yang akan disiapkan untuk ujian.

Kedua, gabungkan semua pelajaran yang telah dipelajari selama satu tahun pelajaran, satu demi satu. Jika anda telah membuat diagram atau nota pikiran selama satu tahun pelajaran, ini adalah saat yang tepat untuk menggabungkan dan menyatukan semuanya. Kemudian, buatlah diagram atau nota pikiran secara umum, satu demi satu pelajaran anda, diatas kertas yang sudah anda siapkan.

Diagram atau nota pikiran yang umum ini akan disintesis dari seluruh inti materi begitu juga dengan materi yang penting untuk diuraikan selama satu tahun pelajaran. Ini akan menjadi alat untuk menyusun strategi mengulang pelajaran.

TAHAP II: MEMASUKI TAHAP MENGUJI DIRI SENDIRI (2-3 minggu sebelum ujian akhir)

Dengan diagram/nota pikiran umum yang telah dipajang didinding ruang belajar anda, berdirilah didepannya, dan cobalah untuk ajukan pertanyaan pada diri anda sendiri (berpura-puralah menjadi penguji), dan jawablah sesuai topik-topik yang ada di diagram/nota pikiran umum, dengan tangan anda menutupi topik-topik tersebut ketika menjawab.

Selain itu, anda juga dapat mencari teman belajar dan lakukanlah proses tanya jawab secara bergantian. Tanya jawab adalah tehnik yang sangat kuat untuk meningkatkan refleks menjawab anda. Melalui proses Tanya jawab, anda sebenarnya membangun sekumpulan data yang dapat mengaitkan daya ingat dalam otak anda. Coba pikirkan: symbol dari tanda tanya adalah “?” dan ketika symbol itu dibalik akan seperti pengait!

Periksa semua topic area yang sulit untuk diingat dan/atau diingat kembali, dan mencari cara lain untuk membantu anda mengatasi masalah tersebut.

Saran: anda juga dapat menempel diagram pelajaran/nota pikiran anda di langit-langit ruang belajar anda, yang menghadap ruang tidur, jadi anda tetap bisa mereview pelajaran anda dari kasur, sebelum tidur

TAHAP III: MENGUJI DIRI SENDIRI SEBELUM UJIAN (1 minggu atau beberapa hari sebelum ujian akhir)

Lakukan latihan mental, seperti proses puncak kinerja pelatihan dilakukan oleh banyak atlit Olympic dan pemain golf professional. Untuk memudahkan, dalam pikiran anda, bayangkan bahwa anda sedang mengerjakan ujian yang sebenarnya dengan menggunakan perasaan seperti ketika anda sedang melaksanakan ujian – tekanan waktu, mengubah suasana hati, suasana ruangan, ruangan besar dengan pengawas ujian yang menakutkan, dll. Dengarkan beberapa musik yang ringan (seperti Baroque dan klasik) sebagai latar belakang selama mengerjakan ujian.

Selain itu, anda juga bisa mencoba melakukan simulasi ujian yang disiapkan oleh guru anda atau bisa menggunakan soal ujian yang terdahulu

KESIMPULAN:

Untuk para pelajar, setiap tahun pelajaran biasanya dibagi atas tiga acara penting: ujian tengah semester, ujian awal semester, dan ujian akhir semester, meskipun tetap ada ujian berkala dan ujian dadakan. Oleh karena itu, sebagai pelajar, anda memiliki banyak kesempatan untuk menguji semua saran saya dan mempraktekan cara belajar/mengulang pelajaran. Semoga Berhasil!


By Lee Say Keng, KNOWLEDGE ADVENTURER & TECHNOLOGY EXPLORER
Optimum Performance Technologies
Translated by SUPER BRAIN INDONESIA