Selasa, 08 Juni 2010

TAHAP-TAHAPAN PENTING DALAM MEMBACA

Pada postingan sebelumnya, saya telah menjelaskan dengan singkat tahap – tahap utama membaca.

Sebenarnya yang saya lakukan hanya menyambung contoh yang baik untuk membaca kedalam tiga tahap membaca.

Pada postingan ini, saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai tiga tahapan tersebut. Tujuan saya adalah untuk menunjukan bagaimana kaitan membaca anda dengan tiga tahapan membaca tersebut.

Berikut ini adalah dasar pertimbangannya : Gunakan pertanyaan sebagai pemicu berpikir.

Sebelum membaca (setelah preview):
Penyusunannya: Apa yang struktur dan tampilan buku coba katakan kepada saya mengenai bab atau buku ini?
Jenis: Apa jenis dari bab atau buku ini?
Kemampuan membaca: Bagaimana kesulitannya?
Tujuan pembaca: Apa yang ingin saya dapatkan dari bab atau buku ini?

Selama membaca:
Pemikiran penulis: Apa yang penulis coba katakan kepada saya?
Pengertian: Apa artinya?
Prediksi: Apa yang penulis coba katakan selanjutnya?
Hubungan: Apa hal tersebut mengingatkan saya pada sesuatu?

Dalam membuat hubungan/kaitan, ada tiga aspek yang harus dipertimbangkan atau direnungkan:
- anda terhubung dengan apa yang anda baca dan apa yang anda baca sebelumnya dalam bacaan;
- anda terhubung dengan apa yang and abaca dan apa yang anda pelajari sebelumnya, seperti pengetahuan dasar anda dan pengalaman anda;
- anda terhubung ke depan, contohnya pikirkan tentang kemungkinan aplikasi dari yang baru saja anda baca;

Setelah Membaca:
Kesimpulan: Apa ide utamanya? Atau apa ide-ide kuncinya?
Evaluasi: Apa yang saya saya rasakan tentang ini?
Revisit: Apa saja yang saya ingat tentang itu?
Extend: Apakah ada pertanyaan? Apakah ada yang saya pertanyakan mengenai apapun itu?

Agar dapat meringkat lebih efektif , anda membutuhkan focus dan prioritas:
- temukan ide-ide kuncinya;
- jelaskan ide-ide kuncinya;
- susun ide-ide kuncinya, untuk membuat nota otak;
- ulangi kembali ide-ide kuncinya, untuk diri anda sendiri atau orang lain ataupun pada saat menulis;


By Lee Say Keng, KNOWLEDGE ADVENTURER & TECHNOLOGY EXPLORER
Optimum Performance Technologies
Translated by SUPER BRAIN INDONESIA